FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Jebol, Tanggul Sungai Meduri Melebar Jadi 30 Meter

KBRN, Pekalongan : Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid SE kembali meninjau tanggul Jebol di sungai Meduri, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Rabu (25/5/2022) sore. Pada tinjauannya, wali kota yang akrab disapa Aaf itu menemukan luasan tanggul jebol berkisar 13 meter, dan kini melebar jadi 30 meter.

Peninjauan hari ini dilakukan Aaf untuk melihat kondisi terkini penanganan tanggul jebol yang dilakukan Selasa (24/5/2022). "Pada Senin malam saya kemari dan tanggul yang jebol 13 meter. Kemudian saya dapat laporan dari Camat Pekalongan Barat ternyata yang jebol 30 meter dan semakin melebar," terangnya.

Dia menjelaskan, Pemkot Pekalongan sudah menyiapkan karung untuk membuat tanggul darurat. Sejak Selasa sudah mulai dikerjakan oleh DPUPR, BPBD, TNI, Polri, dan para warga. "Semangat para warga luar biasa, mereka guyub bergotong royong mengangkat karung untuk membuat tanggul darurat. Kemudian disiapkan juga perahu untuk mengangkut," katanya.

Aaf menjelaskan, komunikasi dengan BMKG informasinya hari ini terakhir siklus besar. Aaf berharap banjir rob ini segera surut.

Selain meninjau tanggul jebol, Aaf juga meninjau stasiun pompa. "Pompa sudah berjalan lancar namun karena adanya tanggul jebol dan airnya melebar jadi kurang maksimal. Padahal jika tak ada tanggul jebol hanya akan limpas," tukas Aaf. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar