Waspadai Cuaca Ekstrem di Jateng

KBRN, Semarang : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca di Jawa Tengah berpotensi terjadi cuaca ekstrem. 

Potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/ petir dan angin kencang diperkirakan terjadi siang ini hingga sore pukul 16.00 WIB. 

Prakirawan BMKG Jawa Tengah mengungkapkan, potensi cuaca ekstrem terjadi secara menyebar dibeberapa wilayah di Jawa Tengah. Diantaranya  Kabupaten Purbalingga, Kab Magelang, Karanganyar, Rembang, Temanggung, Batang, Kab Pekalongan, dan Pemalang.

“Potensi cuaca di Jateng ini terjadi menyebar di wilayah-wilayah tersebut. Kabupaten Purbalingga: Karangmoncol, Kabupaten Magelang: Grabag, Kabupaten Karanganyar: Jaten, Kabupaten Rembang: Pamotan, Kabupaten Temanggung: Pringsurat, Kandangan, Tretep, Wonoboyo, Kabupaten Batang: Blado, Kabupaten Pekalongan: Kandangserang, Petungkriyono, Kabupaten Pemalang: Watukumpul,  dan sekitarnya,” kata Prakirawan BMKG Jawa Tengah dalam keterangan rilisnya yang diterima RRI, Rabu (18/5/2022).

Adapun potensi cuaca ekstream di Jawa Tengah ini perkiraan juga dapat meluas ke wilayah lain, Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Kab Magelang, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen. 

Selain itu, Kabupaten Rembang, Pati, Jepara, Kab Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Kab Pekalongan, Pemalang, Kota Magelang, dan Surakarta. 

Dengan kondisi ini masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti bencana hidrometeorologi.

“ Harap diperhatikan dan waspada terhadap dampaknya, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, puting beliung, pohon tumbang, dan jalan licin. Mohon bantuan kepada BPBD/Pihak Terkait dapat meminta kepada Masyarakat untuk menjauh dari bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor,” imbuhnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar