Sambut Imlek, Warga Gotong Royong Bersihkan Klenteng

KBRN, Pekalongan : Menjelang Tahun Baru Imlek 2573 yang jatuh pada 1 Februari 2022, warga bersih-bersih di Klenteng Po An Thian di jl Belimbing, Kota Pekalongan, Kamis (27/1/2022). Bukan hanya kalangan Tionghoa yang datang membersihkan Klenteng, masyarakat umum juga ikut membantu. 

Mantan Pengurus Ritual di Klenteng Po An Thian mengungkapkan, jelang perayaan Imlek, lantai-lantai dibersihkan. Begitu pula dengan arca atau patung dewa, dibersihkan semua. "Bersih-bersih ini tujuannya agar yang kotor atau hambatan bisa hilang atau bersih kembali," terang Santo. 

Menurut dia, hari ini guyub sekali banyak yang ikut bersih-bersih, dari berbagai etnis hadir ikut bantu pihaknya. "Ini ada juga warga Limpung Batang yang berkunjung kemari dan ikut bersih-bersih," jelasnya. 

Santo berharap kerukunan umat beragama tetap terjaga dan harmonis. Arca atau patung dewa yang dibersihkan di klenteng ini yakni dewa pertanian, dewa pengobatan, dewa perdagangan, dewa bumi, dan jenderal langit. 

"Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir. Bukan hanya di Kota Pekalongan tetapi dimanapun baik di Indonesia atau negara lainnya. Sehingga aktivitas masyarakat kembali seperti dulu," pungkas Santo. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar