2021, Kasus Kebakaran Semarang Capai 152

KBRN, Semarang : Sebanyak 152 kasus kejadian kebakaran telah terjadi di Kota Semarang sepanjang 2021.

Jumlah kejadian ini berdasarkan dari data Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. 

Kabid Operasional dan Penyelamatan Damkar Semarang, Trijoto Poejo Sakti mengungkapkan, kejadian kebakaran didominasi terjadi pada bangunan perumahan yang disebabkan adanya dugaan konsleting listrik dan kebocoran pada pipa gas.

Selain itu, kejadian ini terjadi pada lahan terbuka seperti ilalang yang disebabkan faktor kelalaian masyarakat dan kesengajaan. Adapun pengkatan jumlah volume kasus kejadian kebakaran di Semarang terjadi pada saat musim kemarau. 

" Kasus kebakaran paling banyak diduga akibat konsleting listrik pada bangunan perumahan. Selain itu lahan terbuka yang disebabkan beberapa faktor seperti membuang rokok sembarangan, dibakar dengan sengaja. Dua tempat itu menambah volume peningkatan jumlah kasus kebakaran di Semarang," ungkap Trijoto kepada RRI, Sabtu (22/1/2022).

Menurut dia, kejadian kebakaran sepanjang tahun 2021 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2020 yang mencapai sekitar 180 kasus.

Penurunan jumlah ini dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang melanda, sehingga banyak aktivitas yang berkurang. 

"Setiap tahun jumlah kasusnya mengalami penuruan sejak 2019. Ya ini dikarenakan sudah 2 tahun kondisi pandemi covid-19. Banyak pemilik industri-industri yang berhenti dan menerapkan WHF maupun merumahkan karyawan, sehingga aktivitas penyalaan sumber-sumber panas juga berkurang/minim," terangnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar