Diklat Satpam Berstandarisasi, Bantu Ciptakan Kamtibmas

KBRN, Batang : Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto membuka kegiatan Diklat Satpam Gada Pratama Pola 232 jam tingkat Polda Jawa Tengah di gedung olahraga Randukuning, Kabupaten Batang, Rabu (1/12/2021). Kegiatan itu sebagai upaya mewujudkan satpam yang berstandarisasi, untuk membantu menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Diklat Satpam Gada Pratama diikuti 67 orang peserta yang terdiri atas 65 laki-laki dan 2 wanita.

"Tugas pokok Polri sesuai dengan uu no 2 tahun 2002 adalah pelindung, pengayom, pelayan  masyarakat serta sebagai aparat penegak hukum . Dan dalam pasal 3 ayat 1 huruf c bahwa polri dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh potensi - potensi keamanan swakarsa, diantaranya anggota satuan pengaman," kata Kapolres saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Setiap anggota satpam yang melaksanakan tugas, lanjut Kapolres, wajib memiliki stándar kompetensi, memiliki kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan tentang tugass - tugas satpam, hal ini dapat diperoleh melalui kegiatan mengikuti diklat satpam gada pratama dengan pola 232 jam.

"Saya meyakini dengan mengikuti kegiatan ini anda semua akan bertambah pengetahuan, ketrampilan, kemampuan  khususnya dibidang tugas satpam,” jelasnya.

Ia menerangkan, tujuan pelatihan  ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas profesionalisme satpam dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat mengamankan seluruh kegiatan masyarakat khususnya di lingkungan kerjanya masing-masing.

“Oleh karena itu, kami berharap tumbuhkan dan kembangkan terus kemampuan masing-masing individu melalui pendidikan dan pelatihan, agar dapat meningkatkan ketrampilan serta disiplin sehingga akan menjadi seorang satpam yang profesional dan handal,” tegasnya.

Ia mengingatkan kepada semua pihak, agar selalu berdoa dan melakukan tindakan nyata untuk mencegah serta melawan pandemi Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan dalam setiap beraktivitas. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar