Peresmian Dua Kapal Canggih Warnai HUT Polairud Jateng

KBRN, Semarang : Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta para pejabat utama menghadiri peringatan HUT ke-71 Polairud di Mako Ditpolairud setempat (1/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Kapolda mengikuti peringatan HUT Polairud secara virtual yang langsung dipimpin Kapolri, serta memberikan sambutan dalam kegiatan yang dilaksanakan dengan prokes ketat itu.

Dalam sambutannya, Luthfi mengapresiasi peran Ditpolairud Polda Jateng, tidak hanya dalam penegakan hukum namun juga dalam kegiatan sosial dan pelestarian lingkungan. Salah satu yang disorot adalah peran polairud dalam memotori penanaman sejuta mangrove di kawasan Pesisir lewat Program Polda Jateng Mageri Segoro.

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Jateng Kombes Pol R Setijo Nugroho Hasto Harjo Putro menegaskan dalam peringatan HUT Polairud tahun ini, sejumlah kegiatan dilaksanakan. 

"Polairud saat ini diperkuat dengan dua kapal canggih baru yaitu kapal cepat perairan dan sungai serta kapal pemburu yang berkecepatan 43 Knot atau 80 km per jam. Ini akan sangat membantu operasional penegakan hukum khususnya di wilayah perairan," terangnya.

Selain itu, Setijo menyatakan momen HUT Polairud ini menjadi hari resmi penggunaan seragam loreng digital khas Polairud. Seragam khas ini digunakan untuk untuk kegiatan upacara kebesaran dan patroli gabungan.

"Kegiatan lain yang bersifat rutin adalah pembagian hasil panen lele kepada masyarakat sekitar. Kebetulan polairud juga mengembangkan budi daya ternak untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat," ungkapnya.

Berdasarkan data, sejumlah kegiatan pendahuluan juga telah dilaksanakan Ditpolairud Polda Jateng sejak pertengahan November ini untuk menyambut ultahnya. Kegiatan yang bernuansa sosial tersebut antara lain donor darah, vaksinasi Ikan Selayar (Ikut Andil Keselamatan Berlayar) serta anjangsana pada purnawirawan dan Warakawuri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar