Atasi Kemiskinan Ekstrem, Dinsos Jateng Gandeng Lintas Sektoral

KBRN, Semarang : Pengentasan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah memerlukan bantuan banyak pihak, termasuk peran swasta. Apalagi lima daerah yang menjadi target pengentasan kemiskinan ekstrem dari Pemerintah Pusat harus selesai pada akhir tahun ini.

Salah satu cara Dinas Sosial Jawa Tengah untuk melakukan percepatan dalam pengentasan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah yakni dengan mengajak instansi lain untuk ikut membantu persoalan sosial ini. Mulai dari sektor perbankan, media, lembaga Penyiaran Publik RRI, tokoh masyarakat sampai mahasiswa.

Kerjasama ini dilaksanakan Senin (18/10/2021) di kantor Dinas Sosial dalam rangka Sinergi Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrim melalui Social Guarding. Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Harso Susilo menyebutkan, untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan ekstrem di lima daerah yakni Kabupaten Brebes, Banyumas, Pemalang, Banjarnegara dan Kebumen memerlukan keterlibatan lintas sektoral. Apalagi target dari Pemerintah Pusat persoalan kemiskinan ekstrim di lima daerah itu harus selesai akhir tahun nanti.

Tidak hanya uang atau materi, tetapi bisa lewat pemebrian keterampilan hidup.

"Tinggal dua bulan lagi eksennya mau apa dari data dilapangan, tidak mungkin dari perubahan APBD karena sudah ditetapkan maka kami carikan dana tidak mengikat. Kami ajak semua elemen disini (dalam MoU) linier dengan instansinya,” kata Harso.

Sementara itu, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan TKSK Dinsos Jateng Agung Supaat mengatakan kendala yang ditemui dalam mendampingi dan menangani persoalan bantuan sosial masyarakat diantaranya soal sosialisasi pencairan bantuan.

Ia menyebut untuk pelaksanaan validasi data penerima bantuan secara rutin 3 bulan sekali dilakukan TKSK sebagai cara meminimalisir bantuan tidak tepat sasaran.

“Kendalanya ini ada beberapa yang saldo kosong mungkin karena data belum ada atau kendala di NIK warga penerima. Yang jelas sosialisasi soal pencairan memang mesti sering dilakukan,” imbuhnya.

Dalam kerjasama percepatan pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah oleh dinas sosial Provinsi Jawa Tengah menekankan pada peran lembaga atau instansi masing-masing. Selain dapat dilakukan dengan pelatihan ketrampilan juga dapat ikut membantu menyebarluaskan informasi terkait mekanisme bantuan sosial dari pemerintah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00