Terimbas Covid-19, Tiga Perusahaan di Kabupaten Semarang Tutup

KBRN, Semarang : Tiga perusahaan di Kabupaten Semarang yakni PT Eka Sandang Duta Prima, PT Good Steward Indonesia, dan CV Optisima terpaksa tutup akibat dampak pandemi Covid-19. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Semarang Djarot Supriyoto mengatakan, perusahaan yang tutup masing-masing bergerak di bidang garmen, pembuatan sarung tangan golf, dan sablon. 

"Tiga perusahaan tersebut tutup karena pemasukan dan pengeluaran di perusahaan itu yang tidak seimbang. Pihak buyer dari masing-masing perusahaan itu sudah angkat tangan dan sudah menyerah," jelas Djarot Supriyoto kepada RRI, Jumat (16/4/2021)

Ia menambahkan, akibat dari penutupan perusahaan tersebut, ratusan pekerja terpaksa dirumahkan. Bahkan, ada yang harus mendapatkan pemutusan hubungan kerja (PHK), karena perusahaan sudah tidak mampu berkembang ditengah pandemi Covid-19.

“Hingga saat ini ada sekitar 3.000-an pekerja yang masih dirumahkan dan terkena PHK. Sedangkan 10 ribuan pekerja sudah kembali direkrut," ujarnya

Djarot menuturkan, Disnaker juga terus melakukan upaya pendampingan dan pelatihan bagi para karyawan yang terkena PHK, agar tetap bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan guna menghidupi keluarga. 

“Kami juga lakukan pendampingan terhadap karyawan yang terkena PHK, mereka kan juga butuh makan dan butuh penghasilan untuk menghidupi keluarga. Kami mencoba melatih mereka menjahit, servis hp dan beragam keterampilan lainnya agar mereka memiliki keahlian," pungkasnya

Harapannya dengan adanya pendampingan dan pelatihan bagi para karyawan, mereka bisa mandiri, kembali berkarya dan mendapatkan penghasilan dari keahliannya tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00