Kemenag Sampang Minta Umat Islam Saling Menghormati soal Beda Hari Raya Idul Adha

Kepala Kemenag Sampang Ersyad

KBRN, Sampang : Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang mengimbau umat Islam untuk saling menghormati dalam menyikapi perbedaan penetapan Idul Adha antara keputusan pemerintah dengan Muhammadiyah

Sebelumnya, pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022, setelah diputuskan dalam sidang isbat pada Rabu. Keputusan itu diambil setelah menerima laporan dari 86 titik pemantauan hilal. Adapun Muhammadiyah yanang menggunakan wujudul hilal menetapkan Idul Adha jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Kepala Kemenag Sampang Ersyad mengajak masyarakat untuk saling menghormati, menghargai atas perbedaan ini, sehingga tidak terjadi perpecahan.

" Berdasarkan hasil sidang isbad, bahwa 01 Dzulhijjah jatuh pada hari Jum'at (01/7/2022), dan Idul Adha jatuh pada hari Minggu (10/7/2022). Kami menghimbau kepada masyarakat jika ada perbedaan, agar tetap menjaga ketertiban dan saling menghargai antara satu dengan lainnya, inipun jika ada," kata Ersyad Kamis (30/6/2022).

Ia berharap umat Islam tetap meneladani semangat Hari Raya Idul Adha. Semangat itu pula harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-harinya untuk meningkatkan kecintaan kepada Allah SWT.

" Dalam momentum Hari Idul Adha ini bagaiman kita harus mencintai Allah dan rosulnya melebihi dari cinta siapapun, apalagi terhadap anak dan istri itu harus lebih mencintai Allah," harapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar