Pegadaian Sampang Luncurkan Arrum Haji, Nasabah Dapat Porsi Haji Cepat dengan Gadaikan 3,5 Gram Emas

Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Sampang Kota Eka Chandra Hertiansyah saat seminar Arrum Haji di PKPRI Sampang

KBRN, Sampang : PT Pegadaian mempunyai program Arrum Haji yakni pembiayaan porsi haji dengan prinsip gadai syariah. 

Arrum Haji adalah program Pegadaian dengan sistem gadai emas perhiasan 3,5 gram atau senilai Rp2,5 juta dan nasabah akan mendapatkan pinjaman haji senilai Rp25 juta untuk mendapatkan nomor porsi haji dengan diangsur sampai dengan 5 tahun. Hal ini dikatakan oleh Deputy Pegadaian Syariah area Madura, Mochamad Choyin, Senin (13/6/2022) saat seminar di gedung PKPRI Sampang yang di ikuti oleh ratusan nasabah dari Pegadaian Syariah juga melibatkan Kementerian Agama (Kemenag) kantor wilayah setempat.

"Biasanya kan kita kalau naik haji persiapkan uang Rp25 juta rupiah. Inikan uangnya lumayan agak besar. Nah, dengan produk Arrum Haji ini masyarakat cukup menyediakan logam mulia senilai 3,5 gram, langsung kita daftarkan ke Kantor Kemenag untuk mendapatkan nomor porsi keberangkatan haji," jelasnya.

Dijelaskan Mochamad Choyin, Arrum Haji adalah jembatan bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah dengan cepat dan mudah.

"Tinggal mendaftarkan ke Pegadaian terdekat untuk diproses secepatnya. Jadi, dengan bermodalkan emas, umat Islam dapat pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah," jelasnya.

Sementara Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Sampang Kota Eka Chandra Hertiansyah juga mengungkap pembiayaan dari Arrum Haji ini merupakan pinjaman dalam bentuk tabungan haji. Pegadaian memberikan layanan bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan untuk pergi beribadah ke tanah suci Mekkah. 

"Program ini salah satu produk Pegadaian yang berbentuk pembiayaan syariah untuk melaksanakan ibadah haji melalui jalur haji regular. Arrum haji ini telah melalui kajian dari dewan syariah nasional serta sudah mendapatkan sertifikasi legal dari badan berwenang. Selain itu, juga telah mendapatkan ijin dan dipastikan syar'i sesuai peraturan pemerintah," kata Eka.

Ia juga menyebutkan cara menabung di Arrum Haji pegadaian, yaitu menyerahkan copy KTP dan jaminan emas batangan (LM) minimal 3,5 gram atau emas perhiasan berkadar 70% senilai 7 gram.

"Syaratnya harus beragama Islam, usia minimal 12 tahun saat mendaftar, maksimal 65 tahun saat jatuh tempo, fotocopy KTP, Kartu Keluarga (KK). Untuk pas foto 3x4 dan 4x6 disediakan oleh Kementerian Agama,"pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar