Tilang Electronik di Bangkalan Segera Diterapkan

AKP Abdul Aziz Sholahuddin, Kasatlantas Polres Bangkalan (RRI/Miftah)

KBRN, Bangkalan: Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur, akan segera menerapkan tilang eletronik bagi para pengendara yang melanggar lalulintas dengan menggunakan mobil INCAR (Integrated Node Capture Attitude Record).

Kasatlantas Polres Bangkalan AKP Abdul Aziz Sholahuddin mengatakan, rencana penerapan tilang electronik akan di mulai antara bulan Maret dan April 2022 untuk tanggalnya masih belum di tentukan.

“Kami saat ini dalam tahap sosialiasai kepada masyarakat dan menunggu petunjuk teknisnya dari Polda Jatim,” ungkapnya. Kamis (24/2/2022)

Lebihlanjut Aziz menjelaskan, rencananya tidak menggunakan CCTV di sejumlah titik traffic light melainnya menggunakan mobil INCAR yang sudah terpasang di mobil patrol.

“Mobil INCR bertugas berkeliling di sejumlah ruas jalan dan otomatis akan merekam setiap pelanggaran lalulintas yang ditemui. Identitas pelanggar langsung terintegrasi dengan data kependudukan, bagi yang diketahui melanggar surat tilang akan dikirim ke alamat rumah melalui POS sesuai dengan STNK,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Bangkalan Eko Dian Wahyudi mengatakan, dengan inovasi yang di lakukan oleh pihak kepolisian dirinya sangat mendudung dan setuju dalam upaya meminimalisir transaksi suap antara pengedara dan polisi yang sedang bertugas.

“Tuntunya saya berharap dalam proses penerapan tilang electronik tidak menambah ribet dalam proses administrasinya dan lebih mudah dari tilang manual,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar