Hindari Calo, Pengadilan Agama Sampang Membantu Para Pihak yang Tidak Mampu Dengan Biaya Cuma - Cuma

KBRN, Sampang : Pengadilan Agama Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur menyampaikan masyarakat yang ingin mengajukan penceraian sebaiknya tidak melalui perantara atau calo. Karena Pengadilan Agama di Kota Bahari ini tersedia Posbakom yang siap membantu dengan gratis terkait proses dalam pengajuan perkara. Tak hanya itu bagi orang yang tidak mampu tersedia program prodeo yaitu proses berperkara di Pengadilan Agama secara cuma-cuma atau gratis dengan syarat ada Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Ketua Pengadilan Agama Sampang Rukayah menyampaikan program tersebut untuk mempermudah pengurusan penceraian bagi masyarakat sebagi bentuk kepedulian Pengadilan Agama. Apalagi saat ini sudah menerapkan zona integritas menuju WBBM dan WBK. 

"Posbakum adalah konsultasi yang sudah mantap dalam mengajukan perkaranya yakni membawa KTP, alamat pasangan harus lengkap. Kemudian buku nikah, hal ini  sebagai dasar bahwa mereka pernah menikah, jadi nanti akan dibantu dibuatkan gugatannya itu gratis," katanya saat dialog Interaktif di studio RRi Sampang, Rabu (08/12/2021).

"Untuk masyarakat tidak mampu itu ada program prodeo namanya, itu adalah ber- acara di pengadilan tanpa biaya sama ditanggung oleh negara sekali, persyaratannya surat SKTM," tambahnya

Rukayah juga mengungkap bahwa kasus penceraian yang terjadi di wilayah Sampang paling banyak terjadi di Kecamatan Camplong dan Kedungdung. Rata - rata faktornya ekonomi dan orang ketiga.

"Jika dilihat dari jumlah angka perceraian cerai talak gugatan dari suami mengalami penurunan. Sementara cerai  gugatan dari istri mengalami kenaikan untuk tahun ini dibanding tahun sebelumnya," jelasnya.

Dalam sidang diungkapkannya diutamakan pasangan itu rukun kembali.

"Kewajiban kami para hakim menangani penceraian merukunkan terlebih dahulu. Jika tidak bisa maka diputuskan untuk bercerai," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar