Kartu Tani di Bangkalan Belum Diberlakkuan

Kartu Tani (Ist)

KBRN, Bangkalan: Kartu tani yang di programkan oleh pemerintah pusat di kabupaten Bangkalan sampai saat ini masih belum di berlakukan, karena proses pencetakan dan pendistribusian kartu oleh bank yang di tunjuk belum selesai.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Kabupaten Bangkalan Puguh Santoso mengatakan, memsuki musim tanam para petani tidak perlu resah jika belum mendapatkan kartu tani untuk pembelian pupuk bersubsidi karena sampai saat ini masih belum di perlakukan.

“Kebutuhan kartu tani di kabupaten Bangkalan sebanyak 167 ribu dan yang memiliki kewenangan untuk mencetak adalah bank yang ditunjuk oleh pemerintah pusat yaitu bank BNI,” ungkapnya. Selasa (22/11/2021)

Ia menambahkan, yang tercetak dan yang sudah terdistribusi saat ini masih mencapai 82 ribu, pihaknya berharap ada percepatan dalam proses pencetakan dan pendistribusiannya agar segera bisa dimanfaatkan.

“Kami sendiri belum tahu secara pasti apa yang menjadi kendala dalam proses pencetakan, intinya kami berharap bisa segera selesai dan bisa di manfaatkan oleh petani,” kata Puguh.

Lebihlanjut Puguh menjelaskan, pihaknya belum bisa menerapkan manfaat kartu tani karena para petani masih banyak yang belum mendapatkan kartu tersebut.

“Untuk pembelian pupuk bersubsidi di masa musim tanam tahun ini tatap bisa dilakukan dengan cara mengisi fom yang sudah di sediakan di masing-masing kios agar pembelian tidak ada kendala dan tidak menimbulkan gejolak,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar