Khofifah Ajak Masyarakat Waspada, Musim Hujan Berpotensi La Nina dan Hidrometeorologi

Khofifa Indar Parawansah saat berkunjung ke Sampang di dampingi Wabup Abdullah Hidayat

KBRN, Samapang : Masyarakat Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, perlu waspada pada musim penghujan yang rawan dengan berbagai bencana alam.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan warning terkait potensi terjadi La Nina dan hidrometeorologi pada musim penghujan.

"Kami mengajak masyarakat tetap harus waspada," ujarnya saat berkunjung di Sampang, Sabtu (13/11/2021).

Bencana La Nina dan Hidrometeorologi, kata Khofifah, antara lain yaitu banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang atau puting beliung ataupun terjadi badai tropis.

"Bisa terjadi sesuatu yang memungkinkan dengan intensitas hujan tinggi, puting beliung, banjir dan longsor," lanjutnya.

Menurutnya, peringatan dari BMKG harus menjadi catatan bersama untuk tetap waspada agar masyarakat terhindar dari berbagai bencana alam. Terutama pada sungai sebagai sumber luapan air dan terjadi banjir pada musim hujan.

"Pemerintah daerah dapat melakukan cek and recek terhadap kondisi sungai dan membantu melakukan proses sirkulasi air," terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang, H. Abdullah Hidayat mengaku telah melakukan antisipasi dan mempersiapkan petugas berikut dengan peralatan penanganan bencana sedari awal sebelum masuk musim penghujan.

"Seluruh peralatan telah disiapkan oleh pemerintah daerah. Artinya, kami bersama petugas penanganan bencana daerah telah menyediakan payung sebelum hujan," tuturnya.

pasukan antisipasi bencana alam melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sampang, dan seluruh stake holder yang lain. 

" Kami mengimbau masyarakat supaya bersikap tenang, tidak panik menghadapi musim hujan pada masa pandemi Covid-19," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar