Maulid Nabi, Momentum Teladani Nabi dan Perbanyak Istigfar

Ketua PCNU Sampang Itqan Busiri

KBRN, Sampang : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momentum meneladani akhlak Rasulullah. Dengan momen maulid ini, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sampang, KH Moh Itqan Bushiri mengajak warga Sampang khususnya umat Islam meneladani akhlak nabi dalam keseharian.

Menurutnya dalam merayakan maulid Nabi ada tiga yakni mengharapkan syafaat, merubah prilaku menurut ajaran kanjeng Nabi dan terkahir menjalin silaturrahim dengan sesama manusia.

"Maulid Nabi Muhammad kita merayakannya, pertama Maulid Nabi kita mengharapkan syafaat kanjeng Nabi dan kedua bagaimana kita merubah prilaku kita menurut ajaran kanjeng nabi, karena kita diperkenankan Allah oleh kanjeng Nabi terkait cara ibadah dan berhubungan sesama manusia dan ketiga  menjalin silaturrahim dengan kerabat dan tetangga, sehingga acara Maulid Nabi itu kebersamaannya lebih nampak, misalnya dalam prosesi mahallul qiyam kita bersholawat bersama dan itu merupakan keindahan maulid Nabi," kata Ketua PCNU Selasa (19/10/2021).

Diungkapkannya bahwa di Maulid Nabi ini harus mengoreksi diri menjadi lebih baik.

"Kondisi jamaah secara umum menjadi lebih baik dan perkumpulannya semakin lebih banyak, cuma ada yang harus koreksi masing - masing pribadi yaitu ibadah kita pribadi, bagaiamana dengan sholat kita, taubat dan harapan kita kepada Allah," ungkapnya.

Selain itu yang menjadi yaitu perbanyak istighfar kepada Allah, agar dosa terampuni.

"Karena selama ini banyak orang berdo'a. Kenapa tidak memohon ampun kepada Allah. Karena Rosulullah sendiri banyak taubatnya dari pada hambanya. Itu menjadi pelajarannya sebenarnya. Meskipun tidak punya dosa. Orang sekarang lebih banyak berdoa, lebih banyak meminta. Kanjeng Nabi itu mengajarkan kepada kita bagaiman banyak beristigfar kepada Allah. Maka di Maulid ini perbanyaklah istighfar kepada Allah," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00