Tradisi Maulid Nabi Lir-Ilir Berlangsung Turun Temurun di Bangkalan

Peringatan Maulid Di Bangkalan (RRI/Miftah)

KBRN, Bangkalan: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang rutin di laksanakan setiap tanggal 11 Robiul Awal di Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dengan tradisi Lir-ilir pembacaan sholat Nabi dari rumah warga ke rumah warga yang lain dengan mematuhi protokol kesehatan dan berlangsung meriah. Senin (18/10/2021)

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Langkap, Burneh Bangkalan, Jamroni mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad hanya setahun sekali dan sudah menjadi tradisi di kampungnya setiap tanggal 11 Rabiul awal.

“Saya sebagai tokoh masyarakat disini berharap tradisi peringatan Maulid Nabi terus dapat di lestarikan oleh para generasi muda,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Moh Amin mengatakan, dirinya bersama masyarakat di kampungnya sangat bersyukur meskipun di masa Pandemi tetap bisa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Tradisi peringatan Maulid  Nabi Lir ilir rutuin dilakukan setiap tahun bersama masyarakat di kampun dengan cara membaca sholawat Nabi secara bergantian dari rumah-kerumah warga yang lain dalam satu hari penuh dan tradisi tersebut juga sebagai ajang siliturrahmi,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00