Air Terjun Di Desa Wisata Kedang Ipil

Selain menyimpan keunikan budaya adat lawasnya, desa Kedang Ipil Kutai Kartanegara juga mempunyai potensi objek wisata air terjun Kandua Raya. Air terjun ini lebih populer disebut dengan nama air terjun Kedang Ipil, sesuai nama desa lokasi air terjun. Air terjun Kandua Raya terletak di jalan poros antara kota Tenggarong dengan kota Bangun. Dari jalan raya, Anda harus masuk sejauh 19 km menuju desa Kedang Ipil. Lama tempuh air terjun Kandua Raya dari kota Samarinda kurang lebih 2,5 jam. Untuk Rute perjalanan dari kota tenggarong sampai ke gerbang akses masuk desa Kedang Ipil sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Setelah sampai di gerbang desa pengunjung masih membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai dilokasi.

Diperjalanan sendiri kita tak usah khawatir takut tersesat karena setiap di persimpangan jalan selalu ada papan petunjuk arah. Jadi pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah saja. Setelah sampai di desa Kedang Ipil suasana pedesaan yang asri dengan bangunan rumah-rumah tua masih dapat ditemukan saat melintasi di pemukiman penduduk. Warga di sekitar juga ramah. Tepat di ujung kampung terdapat pos penjagaan/gerbang masuk untuk menuju ke lokasi air terjun. Begitu sampai di air terjun Kandua Raya, jangan lewatkan kesempatan uji nyali melewati arus deras air terjun dengan berpegangan di tali tambang. Beberapa utas tali tambang telah disediakan oleh pengelola untuk menyeberangi air terjun. Tali tambang tersebut cukup kuat untuk dijadikan pegangan. Tapi wisatawan harus berhati hati, karena derasnya air terjun dan bebatuan licin bisa membuat wisatawan terjatuh saat uji nyali. Tipsnya adalah jangan pernah melepaskan pegangan dari tali. Cukup menegangkan memang, tapi di situlah adrenalin terpompa dan euforia dirasakan saat sampai di sisi seberang.

Air terjun Kandua Raya sangat berbeda dengan air terjun pada umumnya. Rata-rata air terjun berbentuk patahan vertikal. namun air terjun kandua raya bentuknya bertingkat tingkat, cukup lebar dan sangat panjang. Air terjun di Kalimantan timur ini dibuka untuk kunjungan mulai jam 09.00 pagi sampai jam 17.00 sore. Disaat Pandemi Covid-19 kunjungan ke air terjun ini ditutup dikarenakan untuk menghindari kerumunan selama pandemi. Untuk dibukanya kembali menunggu situasi aman dari covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00