Pastikan Festival 3 Danau 2022 di Kaltim Lebih Semarak, Dispar Gelar Lokakarya Tari dan Musik Kreasi Bagi Warga Lokal

Fauzi Saat Latih Warga Desa Bermusik.jpg

KBRN, Kutai Kartanegara : Usai sukses memukau masyarakat Tanah Air pada pertengahan September tahun lalu, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dalam waktu dekat bakal kembali menggelar Festival 3 Danau di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Berhasil masuk sebagai salah satu nominasi diajang nasional yakni Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022 kategori Reguler, festival ini secara khusus mengangkat seni budaya dan keberlanjutan lingkungan (ekowisata) di Kawasan Tiga Danau terbesar di Kalimantan Timur, yakni Danau Semayang, Danau Melintang, dan Danau Jempang.

Dalam upaya menyiapkan SDM terampil yang siap memukau wisatawan di Festival 3 Danau, Dispar Kaltim melalui Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif memberikan fasilitasi program pengembangan keterampilan berbasis kreativitas kepada warga Desa Semayang berupa lokakarya Tari dan Musik Kreasi Daerah dengan mendatangkan langsung para pakar.

Kepala Seksi Pengembangan Ruang Kreasi, Bidang Pengembangan Ekraf Dispar Provinsi Kaltim Awang Khalik menyampaikan penting bagi masyarakat untuk terus meningkatkan kemampuan berbasis seni dan budaya agar daerah dengan potensi wisata seperti Desa Semayang semakin berkembang dengan pesat.

"Sajian kreatif khas daerah nantinya akan menjadi penopang pertumbuhan daya tarik bagi wisatawan  dan tentunya akan berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi kreatif dari daerah tersebut," ujarnya seperti RRI kutip dalam rilis Dispar Kaltim Senin (27/06/2022).

Ia berharap agar para peserta  memanfaatkan kesempatan kali ini dengan maksimal untuk menyerap  keterampilan dasar, ilmu praktis, hingga pengalaman dari pakar yang dihadirkan.

Dua pemateri ahli yang diundang ke Desa Semayang adalah Achmad Fauzi dari Yayasan Gubang Kukar sebagai pemateri musik kreasi daerah dan Iwan Setiawan Dari Yayasan Borneo Etnika Kaltim sebagai pemateri Tari Kreasi Daerah.

Menariknya, kedua narasumber sangat bersemangat memberikan pendampingan kepada warga Desa Semayang kendati acara lokakarya resmi berakhir.

"Sebagian besar warga ngga punya basic (dasar) seni tari dan olah tubuh. Ini  justru malah jadi tantangan untuk saya. Jadi kami sepakat, mentoring tetap lanjut secara virtual," ujar Iwan.

Sedangkan pemateri lain, Achmad Fauzi menyampaikan hasil lokakarya secara konkrit adalah dengan membentuk 'Kelompok Tingkilan Semayang'.

"Peserta semua aktif ya bahkan maunya lanjut terus workshop. Nanti, meski saya di Tenggarong kan bisa online latihan dan diskusi dengan kawan-kawan di sini," tambah Fauzi.

Sesi lokakarya pun diakhiri dengan menyaksikan persembahan Tari serta permainan Musik Kreasi Daerah dari para peserta yang telah berlatih selama dua hari kegiatan yakni pada 23-26 Juni 2022, Pekan lalu.

"Warga antusias sekali, saya yakin Insya Allah acara Festival 3 Danau tahun ini makin meriah dan semarak," tutur Kepala Desa Semayang, Robi Salam.

Ia mengaku bangga karena warganya begitu antusias untuk terus belajar. Pemerintahan Desa mengaku siap mengupayakan fasilitas dan infrastruktur yang dapat menunjang perkembangan warga desa Semayang dalam meningkatkan kemampuan dan  menyalurkan kreativitasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar