Tugu Australia Di Lapangan Merdeka Balikpapan

KBRN, Samarinda : Lapangan merdeka merupakan tempat berkumpul favorit di Balikpapan, Kalimantan Timur. Taman ini dilengkapi dengan jogging track jalan raya beraspal, yang membuat lapangan merdeka menjadi tempat tujuan berolahraga. Lapangan merdeka yang kini menjadi salah satu ikon dari Kota Balikpapan dimanfaatkan masyarakat dengan berbagai aktivitas, baik mereka yang berolahraga hingga sekadar menikmati suasana dengan jalan-jalan sore bahkan sekedar berwisata kuliner.

Di lapangan merdeka terdapat juga satu tugu yang sangat bersejarah, yaitu Tugu Australia. Sekilas penampakan Tugu ini sangat biasa, tidak berukuran besar seperti Tugu lainnya dan hanya berada di taman yang berukuran kecil. namun ternyata Tugu ini sangat bersejarah karena banyak menyimpan cerita sejarah tentang Perang Dunia II.

Dilansir dari wisatakaltim.com, Tugu Australia merupakan Tugu peringatan yang di bangun oleh Pemerintah Australia untuk memperingati Pasukan Divisi VII Australia yang gugur saat menghadapi Pasukan Jepang pada Perang Dunia II. Sekitar 270 orang Tentara Australia yang gugur pada saat itu. pasukan ini gugur karena serangan meriam jepang pada saat pendaratan nya di Kota Balikpapan.

Untuk mengenang peristiwa tersebut pemerintah Australia membangun Tugu Australia di kawasan lapangan Merdeka. Tugu ini di dominasi dengan warna putih dan merah bata serta di kelilingi dengan beraneka macam bunga. di bagian depan ini terdapat sebuah Prasasti yang menceritakan Perang Dunia II, berapa jumlah tentara terlibat Perang dan berapa jumlah korban nya. Setiap tanggal 25 April, di lokasi tersebut ratusan warga Australia dan Selandia Baru memperingati hari Anzac atau australia and new zealand army corps.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar