Karst Sangkulirang Mangkalihat Masuk KSPN

KBRN, Samarinda : Karst Sangkulirang Mangkalihat yang terletak di Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur sudah masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Sri Wahyuni terkait dengan pecepatan pemulihan ekonomi melalui sektor wisata yang ada di Bumi Etam.

Sri Wahyuni menyebut, kawasan karst di Sangkulirang merupakan tempat wisata minat khusus yang perlu dikembangkan dengan pesona goa telapak tangan peninggalan tahun 10.000 sebelum masehi telah menjadi situs bersejarah yang popular di dunia Internasional. 

“Sebelum ada pandemi Covid 19, kawasan ini banyak dikunjungi turis asing yang datang hanya untuk menikmati keindahan lukisan tapak tangan di sepanjang dinding goa,”ungkap Sri.

Tidak hanya sebuah situs sejarah, jajaran gunung karst yang berbaris di sepanjang Kecamatan Sangkulirang hingga Sandaran, Kabupaten Kutai Timur, juga b menjadi tempat olahraga yang menguras adrenalin, wisata pendidikan dan lokasi wisata alam yang indah. Bahkan, komunitas panjat dinding pernah menggelar pelatihan di kawasan karst tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar