Wisata Edukasi Kangkung Sumber Rejo Balikpapan Juarai Lomba Pokdarwis Se-Kaltim

KBRN, Samarinda : Terkenal dengan Wisata Edukasi Kangkung Sumber Rejo (Kang Bejo), Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Kang Bejo berhasil menjadi pemenang dalam ajang lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi garapan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 pada 4-5 Oktober 2021 di Hotel Mercure Samarinda.

Perlombaan ini diikuti 8 Pokdarwis perwakilan dari 8 Kabupaten/ Kota yakni berasal dari Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, dan Penajam Paser Utara. I wayan Lanang Nala, M. Par dalam laporannya menyampaikan dasar penilaian Lomba Pokdarwis Tahun ini telah dilaksanakan sejak dua bulan lalu.

“Untuk diketahui bahwa Kami Tim Juri telah melakukan penilaian Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim sejak akhir Agustus lalu dengan mengunjungi secara langsung Pokdarwis di masing-masing Kabupaten/ Kota. Dan Untuk menentukan pemenang bukanlah perkara yang mudah mengingat para peserta telah mempersipkan segala sesuatu dengan matang. Aspek Administrasi (Kelembagaan) dan Aspek Pengelolaan (Kinerja) Pokdarwis menjadi point dalam penilaian Lomba Pokdarwis, tahun 2021”, tutur I wayan Lanang Nala.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni dalam sambutannya menyatakan tujuan diadakannya lomba antara lain untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan terutama melalui pengembangan SDM sebagai motor penggerak pariwisata di kawasan masing-masing.

“Dengan adanya Lomba Pokdarwis Tingkat Provinis Kaltim, kami berharap semakin memacu semangat pokdarwis di Kabupaten/ Kota untuk berkompetisi positif sehingga potensi obyek-obyek desa wisata di Kaltim terus diberdayakan menjadi obyek wisata unggulan serta sehingga memotivasi pokdarwis-pokdarwis yang lain untuk lebih berkembang lagi," kata Sri Wahyuni.

Sementara itu diposisi dua diraih Pokdarwis Benua Etam asal Kota Bontang, Posisi 3 Pokdarwis Mahligai asal Kabupaten Berau, Harapan I Pokdarwis Batuq Buta Unhan Uwe asal Kabupaten Kutai Barat / Harapan II Pokdarwis Karya Ambalat asal Kabupaten Kutai Kartanegara dan Harapan IIII Pokdarwis Amanah Masjid Shirathak Mistaqiem dari Kota Samarinda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00