Ratusan Rumah di Bukuan Akhirnya Menikmati Air Bersih, Ternyata Karena ini

KBRN, SAMARINDA - Sejumlah program nyata yang berdampak langsung ke masyarakat terus dilakukan oleh PT PLN UIP Kalimantan Bagian Timur (KLT). Salah satunya di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, Samarinda. 

Program penyediaan air bersih untuk warga akhirnya terealisasikan. Program yang dilaksanakan di wilayah pembangunan SUTT 150 kV Bukuan – Kalimantan Ferro Industri (KFI).

Manager UPP KLT 1, Muhammad Ardiansyah, mengungkapkan pembangunan bak air atau penampungan air di Jalan Nahkoda Gang Kucur RT 34 Kelurahan Bukuan ini merupakan program prioritas di sektor lingkungan PLN UIP KLT yang menargetkan pencapaian air bersih dengan pemenuhan 4 komponen utama.

“Saat ini masih dalam tahap pembangunan yang dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat. Kami menargetkan pencapaian air bersih dengan 4 komponen utama, yaitu ketersediaan air bersih yang memadai, stabiitas ketersediaan air yang cukup, keterjangkauan terhadap air bersih dan kualitas keamanan air,” ungkap Ardiansyah.

Sementara itu, Ketua RT 34 Kelurahan Bukuan, Warno Arifin sangat berterima kasih kepada PLN UIP KLT melalui PLN UPP KLT 1 yang telah merealisasikan program air bersih.

“Ini sebenarnya harapan kami dari dulu dan Alhamdulillah PLN UIP KLT melalui PLN UPP KLT 1 bisa merealisasikan, jadi kini air bersih sudah tersedia,” timpal Warno.

Dari program PLN UIP KLT ini, sebanyak 110 rumah tangga di wilayah RT 34 Bukuan, Samarinda akhirnya teraliri air bersih.

“Warga saya tidak susah lagi mencari air bersih, terima kasih PLN UIP KLT,” ucapnya.

Ardiansyah menambahkan, dengan program ini diharapkan agar air sebagai sumber kehidupan masyarakat di Bukuan dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Fasilitas air bersih ini juga digunanakan untuk masjid dan kegiatan pemandian jenazah.

“Selain itu juga dapat membantu irigasi tanaman baik pertanian maupun perkebunan, sehingga secara tidak langsung program ini membantu masyarakat untuk mengelola penyediaan air guna peningkatan ekonomi,” pungkasnya.

Bantuan penyediaan air bersih itu sendiri diserahkan  perwakilan manajemen PLN UPP KLT 1, Muhammad Maknun selaku Manajer Bagian Perizinan dan Umum.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar