Tingkatkan SDM, PLN UIP KLT Bantu 10 Anak Jalanan Ikut Pelatihan Kelistrikan di BLKI

KBRN, BALIKPAPAN - PLN UIP KLT melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan di Balikpapan. Ada 2 program Tanggung Jawab Sosial Langsung (TJSL) yang dilaksanakan. Yaitu pada sektor pendidikan dan lingkungan, dimana program tersebut merupakan program prioritas sesuai dengan arahan Kementerian BUMN untuk kegiatan TJSL dengan indikator Sustainable Development Goal's (SDG's).

Untuk sektor pendidikan, PLN UIP KLT membantu 10 anak yang berada di bawah binaan Rumah Singgah KOPAJA, untuk mendapatkan pelatihan kejuruan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan dengan ilmu instalasi listrik bangunan sederhana.

Menurut Basuki Rahman, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP KLT, tujuan dilakukan program ini adalah untuk memberikan bekal kepada anak-anak yang berada dalam kelompok rentan, agar dapat mempunyai keahlian yang berguna untuk berwirausaha atau bergabung dengan perusahaan. Sehingga perekonomian dan taraf hidup mereka bisa meningkat. 

"Dalam program ini mereka dilatih secara intens selama 15 hari kerja. Terhitung mulai dari tanggal 20 Juni hingga 8 Juli nanti. Dengan ilmu yang mereka dapat, diharapkan dapat menjadi dasar untuk mereka bekerja nantinya," terang Basuki.

Sedangkan untuk sektor lingkungan, PLN UIP KLT bersama Kecamatan Balikpapan Selatan yang difasilitatori oleh Bank Sampah Kota Hijau (BSKH) Kelurahan Sepinggan, melakukan kegiatan Pelatihan Eco Enzyme dan Pengelolaan Sampah di lingkungan Kecamatan Balikpapan Selatan. 

Terdapat 15 kelompok bank sampah baru yang akan dibina selama 1 tahun oleh BSKH, pembinaan ini dilakukan agar semakin banyak bank sampah yang terbentuk hingga nantinya dapat mengurangi timbunan sampah yang dibuang ke TPA, karena adanya pengelolaan sampah yang baik. 

"Pelaksanaan ini juga turut membantu BSKH untuk mendapatkan Proklim Lestari. Dimana BSKH harus melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam rangka pengembangan bank sampah," jelas Basuki.

Pada kesempatan ini, Heruresandy Setia Kesuma, Camat Balikpapan Selatan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PLN UIP KLT. Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan merupakan kegiatan yang sangat baik, walau dapat dibilang tantangannya cukup besar, terlebih untuk program lingkungan.

"Program lingkungan ini harus terus dilaksanakan, agar tidak mati suri atau setelah diberi bantuan kemudian tidak dilaksanakan. Tugasnya memang besar, tetapi manfaatnya juga sangat banyak. Terima kasih juga untuk rekan-rekan BSKH untuk ilmu yang diberikan kepada masyarakat di lingkungan Balikpapan Selatan," tambah Heru.

Dengan dilaksanakannya program TJSL di lingkungan Kecamatan Balikpapan Selatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang terlibat secara lansung maupun lingkungan sekitar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar