Ada-ada Saja Pak Dandim, Selalu Bisa Buat Prajuritnya Merasa Nyaman dan Enjoy Saat Bekerja

Dandim 0912 Kubar Letkol Kav. Yudhi Prasetyo meninjau lokasi Air Bersih yang digunakan Warga Kampung Kelian Selama ini

KBRN, Sendawar: Dia adalah Letnan Kolonel Kavaleri Yudhi Prasetyo Purnomo, Komandan Kodim (Dandim) 0912 Kutai Barat (Kubar). Sikap nya yang tegas dan lugas membuat para prajuritnya tidak menyangka komandan mereka akan membuat sebuah gimmick, yang mengundang senyum dan gelak tawa saat melakukan tugas di lapangan.

Hal itu terjadi dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Wiltas ke-113 di Kampung Kelian, Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat tahun ini. Dimana Letkol Kavaleri Yudhi Prasetyo secara tiba-tiba mengajak prajuritnya berlari mendaki dan menuruni gunung layaknya Pembinaan Fisik (Binsik) saat melihat lokasi mata air yang digunakan sebagai sumber air bersih oleh warga Kampung Kelian, selama ini.

Sontak saja, melihat komandan mereka memberikan instruksi tersebut, para prajurit pun ikut bergerak. Namun tidak ada yang tahu, itu dilakukan Dandim hanya untuk menciptakan suasana yang sebelumnya tegang, lelah bercampur keringat, menjadi cair dan menambah semangat prajuritnya untuk terus berjalan.

“Saya tidak ingin prajurit saya merasa tertekan dengan kehadiran saya disini. Saya mau mereka bekerja sesuai dengan kondisi di lapangan, karena dengan demikian semua pekerjaan yang kita lakukan pasti terlaksana dengan baik dan dengan hasil yang sempurna,”kata Dandim 0912 Kubar Letkol Kav. Yudhi Prasetyo Purnomo kepada RRI Sendawar, Selasa (17/5/2022)

Lokasi sumber mata air yang dugunakan oleh warga setempat cukup jauh dari kampung, menempuh jalan setapak, mendaki dan menuruni lembah di dalam hutan belantara.

Kondisi ini membuat Dandim cukup prihatin, kebutuhan dasar masyarakat harus didapatkan dengan cara yang cukup sulit. Bahkan dari sumber mata air tersebut, tidak mencukupi untuk seluruh warga Kampung Kelian, Kecamatan Damai.

“Ini lah kenapa dalam TMMD kali ini kita membangun sumur bor air bersih untuk warga, karena hal itu berdasarkan kebutuhan masyarakat disini. Informasi dari Pemerintah Kampung masih ada sekitar 20 dari 65 KK di Desa ini yang belum mendapatkan air bersih. Ya semoga apa yang kita bagun disini, nanti nya bisa bermanfaat dan terawat dengan baik oleh warga setempat,”ungkap Yudhi

Tidak hanya itu, Ia menegaskan akan mengkomunikasikan kondisi tersebut dengan Pemerintah Daerah, guna mencari solusi terbaik untuk mengatasi persoalan air bersih di Kampung Kelian.

“Ini akan kita komunikasikan dengan Pemerintah Daerah untuk mencari solusi jangka panjang. Apalagi ini menyangkut kebutuhan dasar masyarakat, tentu harus menjadi perhatian bersama,”pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar