Panti Jompo Tresna Werdha Perlu Peningkatan Kapasitas

Kepala Dinas Sosial Kaltim Agus Hari Kesuma. Foto : Diskominfo Kaltim

KBRN, Samarinda : Jumlah penghuni panti jompo Tresna Werdha Nirwana Puri (PSTW) di Jalan Mayjend Sutoyo, Samarinda saat ini sebanyak 103 orang terdiri dari 52 perempuan dan 51 laki-laki dari jumlah daya tampung 110 orang.

Kepala Dinas Sosial Kaltim Agus Hari Kesuma mengatakan penghuni panti jompo Tresna Werdha (PSTW) Nirwana Puri mengalami peningkatan. Terlebih Permasalahan para lanjut usia (Lansia) menjadi perhatian bersama, baik pemerintah, lembaga sosial masyarakat maupun masyarakat itu sendiri.

Menurutnya UPTD PSTW Nirwana Puri ini juga merupakan rujukan permohonan dan rujukan dari Dinsos Kabupaten/Kota untuk menitipkan para lanjut usia terlantar.

Untuk itu, dia berharap Pemerintah Provinsi Kaltim berkenan memberikan dukungannya memperhatikan hal tersebut terutama dalam meningkatkan sarana dan prasarana panti jompo.

Lebih lanjut Agus mengatakan Perlu diketahui, sebagai konsekuensi logis pelaksanaan Undang -Undang Nomor 23 Tahun 2014, ada empat kewenangan provinsi dalam hal pelaksanaaan rehabilitasi sosial dasar dalam panti, yakni panti lansia, panti anak, panti penyandang disabilitas serta panti gelandangan dan pengemis (Gepeng).

"Urusan rehabilitasi sosial lansia merupakan salah satu sasaran rencana strategis Dinsos sebagai penerima manfaat dan layanan dari pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS)," tegasnya. (A.Junaidi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar