Basmi Kutu Daun dan Kutu Putih Dengan Pestisida

KBRN, Samarinda: Hama adalah musuh utama tanaman. Membasmi hama adalah aspek penting dalam perawatan tanaman, baik tanaman sayuran maupun tanaman hias. Sebab, hama tidak hanya dapat merusak, namun juga menyebarkan penyakit pada tanaman.

Untuk membasmi hama tanaman, Anda tentu dapat menggunakan pestisida, baik pestisida nabati maupun pestisida kimia. Pestisida babati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan, hewan, dan bahan nabati lainnya untuk mengendalikan serangan hama pada tanaman.

Dilansir dari laman kompas.com, pestisida nabati tidak meninggalkan residu yang berbahaya pada tanaman maupun lingkungan.Selain itu, pestisida ini juga dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang murah dan peralatan yang sederhana.

Cara kerja pestisida nabati

Ada beberapa manfaat dan cara kerja pestisida nabati untuk membasmi hama tanaman, antara lain:

- Merusak perkembangan telur, larva dan pupa.

- Menghambat pergantian kulit. Mengganggu komunikasi serangga.

- Menyebabkan serangga menolak makan.

- Menghambat reproduksi serangga betina.

- Mengurangi nafsu makan.- Memblokir kemampuan makan serangga.

- Mengusir serangga dan menghambat perkembangan patogen penyakit.

Ada beberapa keuntungan penggunaan pestisida nabati. Pertama, bahan dasarnya mudah dan mudah dibuat, serta relatif aman terhadap lingkungan.

Di samping itu, pestisida nabati juga tidak menyebabkan keracunan pada tanaman. Di sisi lain, pestisida nabati sulit menimbulkan kekebalan terhadap hama.

Pestisida nabati juga memiliki efek yang cepat, yaitu menghentikan nafsu makan hama. Pun pestisida nabati memiliki spektrum pengendalian yang luas, bisa bersifat racun lambung, saraf, dan bersifat selektif.

Kutu daun dan kutu putih adalah salah satu tanaman yang kerap mengganggu tanaman sayuran maupun tanaman hias. Namun, jangan khawatir, sebab Anda bisa membuat pestisida nabati sendiri untuk membasmi kedua hama tersebut.

Cara membuat pestisida nabati untuk membasmi kutu daun pada tanaman.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

1 lembar daun pepaya

15 lembar daun sirsak

2 batang serai

1 batang daun lidah buaya ukuran sedang

3 siung bawang putih

1 liter air

Pisau

Blender

Talenan

Botol air minum dalam kemasan ukuran 1,5 ml

Saringan

Cara membuat

Bersihkan semua bahan dengan air bersih. Cincang-cincang bahan tersebut dan campur jadi satu.

Campuran bahan tersebut dimasukkan ke dalam blender dan tambahkan air secukupnya. Blender semua bahan tersebut sampai halus.

Tambahkan air 1 liter dan masukkan ke dalam botol dan tutup rapat. Biarkan atau fermentasikan selama 24 jambil sampai dua hari, dan bisa juga disimpan maksimal satu minggu.

Setelah disimpan, saring pestisida tersebut dengan saringan.

Cara mengaplikasikannya adalah satu lliter pestisida nabati untuk 5-10 liter air. Disemprotkan pada tanaman yang terserang hama dengan interval tiga hari sekali tergantung serangan hama tersebut.

Cara membuat pestisida nabati untuk membasmi kutu putih pada tanaman

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

1 buah jeruk nipis

2-3 tetes sabun cuci piring

1 liter air

PisauEmberSaringan

Cara membuat:

Potong atau cacah jeruk nipis sampai halus. Selanjutnya, masukkan potongan atau cacahan jeruk nipis ke dalam ember yang berisi air 1 liter.

Tambahkan sabun cuci piring ke dalam ember yang berisi potongan atau cacahan jeruk nipis, aduk sampai rata. Diamkan selama 2-3 jam, lalu saring menggunakan saringan.

Larutan tersebut tidak lagi dicampur air, tetapi langsung disemprotkan pada tanaman yang terserang hama dengan interval 3-4 hari sekali, tergantung kondisi serangan hama tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar