Makanan Khas Kubar Jadi Salah Satu Menu Ditiap Hotel di Kaltim

KBRN, Sendawar: Tim Penggerak (TP) PKK Kutai Barat (Kubar) kembali mengharumkan nama Daerah ditingkat Provinsi, dengan meraih juara I pada lomba Cipta Menu Keluarga dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang diselenggarakan di Kota Samarinda, mulai tanggal 9 hingga 12 Januari 2020 ini.

Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kubar Hj. Isdalena Arkan yang sebelumnya berkesempatan langsung menghadiri sekaligus menerima hadiah pada momen tersebut menjelaskan, menu yang diperlombakan berasal dari pangan lokal daerah. Dimasak sedemikian rupa dengan cita rasa yang memanjakan lidah.

“Jadi menu yang kita tampilkan itu diantaranya Nasi Bakar Jelai, Ikan Baung Masak Durian dalam Bambu, Tumis Telur Tebu Jelore, Sambal Asam Payang, dan Serabai  Vla Jagag durian,”jelasnya

Terpisah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu Yapan saat dikonfirmasi, Kamis (16/1/2019) menyampaikan rasa bangga atas prestasi jajarannya, karena melalui pencapaian ini menunjukkan bahwa cita rasa bahan pangan lokal khas Kubar dapat diterima di kalangan publik.

“Semoga dengan perolehan prestasi ini semakin memotivasi kami khususnya Tim Penggerak PKK dan pada umumnya seluruh keluarga di Kabupaten Kutai Barat, sehingga semakin berdaya dan sejahtera melalui peningkatan kreasi dan inovasi serta konsumsi menu B2SA dengan menggunakan bahan pangan khas lokal daerah.”ungkapnya

Yayuk mengatakan, keikutsertaan Tim Penggerak PKK Kubar pada lomba tersebut, merupakan bagian dari pengenalan dan sarana promosi bahwa Kutai Barat memiliki banyak potensi pangan yang bisa dijadikan destinasi kuliner  baik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltim Nor Baiti Isran Noor menegaskan, menu makanan Kutai Barat tersebut akan dijadikan salah satu menu di hotel-hotel Wilayah Kalimantan Timur, salah satunya di Kota Samarinda.

“Alhamdulillah, bisa juga kan dicicipi orang atau tamu di hotel. Tinggal bagaimana mendapatkan bahan-bahan nantinya untuk masakan khas Kubar ini,”tegasnya.

Untuk diketahui, Penilaian lomba cipta menu keluarga tingkat Provinsi Kaltim itu, dilakukan oleh juri dari berbagai kalangan seperti juru masak, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Dinas Kesehatan Kaltim, membuktikan bahwa hasil pangan Kutai Barat memiliki potensi rasa yang luar biasa.

Sementara itu, setelah Kutai Barat sebagai juara I, disusul juara II yang diraih oleh TP-PKK Kutai Kartanegara. Juara III TP-PKK Samarinda. Kemudian Harapan 1 TP-PKK Berau, Harapan II TP-PKK Balikpapan, dan Harapan III diraih oleh TP-PKK Penajam Paser Utara (PPU).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00