Cemilan Kebab Timur Tengah Yang Hits Di Indonesia

Foto : glitzmediacom.jpg

KBRN, Samarinda : Kebab kini mulai dikenal di Indonesia. Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini, mulai banyak dijajakan di sejumlah kota di Indonesia. Kebab menjadi salah satu makanan yang populer di kalangan anak-anak, remaja muda, dewasa, maupun orang tua.

Dilansir dari Wikipedia, kebab memiliki sejumlah nama lain seperti kabab, kebob, kabob, kibob, kebhav, ataupun kephav. Secara umum, kebab mengacu pada berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadangkadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau bahkan bisa berupa kerang.

Melansir dari kumparan.com, kemunculan kebab pertama kali disebabkan karena kurangnya minyak yang digunakan untuk memasak daging dalam jumlah besar di wilayah Timur Dekat. Kebab dibuat  supaya masyarakat tidak membutuhkan banyak minyak saat memasak daging. Masakan berupa hidangan daging panggang ini telah menjadi kebiasaan masyarakat Timur Dekat dan Mediteranian Timur, khususnya Yunani kuno.

Bahkan di dalam beberapa ilmu sejarah, tentara Turki menggunakan pedang mereka untuk mengiris daging panggang. Akibat hal tersebut, kini kebab dikenal sebagai makanan yang berasal dari Timur Tengah.

Kini kebab telah merambah ke berbagai belahan dunia, Eropa, Amerika, Australia, Jepang, Cina, Malaysia, dan Indonesia salah satunya. Cara penyajian Kebab antara satu negara dengan negara lain nya pun berbeda – beda, karena biasanya diadaptasikan dengan kebiasaan dan selera masyarakat setempat. Di Indonesia biasanya kebab dibuat dengan cara membalutnya dengan kulit tortilla, kemudian untuk isian nya sendiri kita bisa menyesuaikan dengan selera masing – masing seperti mengisinya dengan daging panggang, sayuran, mayonaise, dll. Ada juga yang menggunakan isian kebab rendang, kebab durian dan kebab buah.

Di Indonesia saat ini, kebab banyak dijumpai di pinggir jalan, mall, bahkan restoran – restoran besar. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen pun kini kebab juga telah hadir dalam bentuk kebab frozen, sehingga bisa disimpan di rumah dalam waktu yang lama dan cara memasak nya juga mudah dan praktis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar