Cara Praktis Membuat Opor Ayam

KBRN,Samarinda: Hari Raya Idul Adha akan segera tiba, kurang lengkap rasanya merayakan Idul Adha tanpa menyantap hidangan ikonik opor ayam. Apalagi masakan bersantan ini merupakan masakan khas Indonesia yang terkenal akan kenikmatannya.

Seperti halnya masakan lain yang ada di Indonesia, hampir setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat, lontong dan sambal.

Walaupun opor ayam selalu identik dengan lebaran dan hal spesial lainnya, bukan berati tidak bisa menyajikan kapan saja, Sajian ini bisa  di buat kapanpun dirumah.

Jika Anda berencana membuat opor ayam, dilansir dari antaranews.com, berikut bahan - bahan yang disiapkan. 

Satu ekor ayam, potong sesuai selera. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya, sisihkan. Sediakan  santan sesuai dengan selera.

Bumbu halus:

1.10 siung bawang merah, tumis

2.8 siung bawang putih, tumis

3.5 butir kemiri, sangrai

4.1 ruas kunyit

5.1 sdt lada

6.1 sdt ketumbar

Bumbu lain:

2 lembar daun salam

2 batang serai, geprek

3 lembar daun jeruk

2 ruas lengkuas, geprek

2 ruas jahe, geprek

5 cm kayu manis

5 butir cengkeh

Garam dan gula secukupnya

Cara membuat : 

Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit sebentar, kemudian dihaluskan. Tumis lagi dan tambah dengan lada serta ketumbar hingga tanak dan wangi. Masukkan bumbu lain.

Masukkan ayam, aduk rata sampai berubah warna. Masukkan sekitar 750 ml santan cair bila ingin kuah yang banyak, setelah menyusut, tambahkan lagi santan kental sekitar 130 ml. Masak hingga matang dan opor ayam siap dinikmati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar