Resep Ongol-ongol Mudah dan Enak

Sumber Foto : blog.tokowahab.com

KBRN, Samarinda : Hampir disetiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing. Meskipun berbahan dasar yang sama, namun dan penyebutannya berbeda. Seperti kuliner yang berbahan dasar tepung sagu yang satu ini, yaitu ongol-ongol.

Memilik  tekstur lembut, kenyal, dan mempunyai rasa manis khas dari gula merah. Selain itu, ongol-ongol juga memberikan perpaduan rasa gurih ketika disantap berkat taburan kelapa parut di seluruh sisinya.

Dilansir dari laman kumparan.com, untuk membuat sajian yang satu ini tergolong mudah dan bisa Anda lakukan meski tidak mahir memasak, seperti berikut :

Bahan-bahan

200 gram tepung sagu tani

200 gram gula merah, sisir halus

700 ml air

3 sdm gula pasir

1/2 butir kelapa muda parut, kukus agar tidak mudah basi

Langkah-langkah

Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat ongol-ongol. Kemudian, siapkan panci. Tuangkan air ke dalamnya. Tambahkan gula merah yang sudah disisir halus.

Tambahkan juga gula pasir ke dalam panci. Masak bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga gulanya mencair atau larut.

Jika gula sudah mencair atau larut, matikan kompor dan angkat. Siapkan wadah dan saringan. Saring larutan gula dan biarkan hingga dingin terlebih dahulu.

Setelah larutan gula dingin, masukkan tepung sagu. Aduk sampai tercampur dengan rata dan tidak ada lagi tepung yang menggumpal.

Lalu, siapkan wajan dan saringan. Saring campuran gula dan tepung sagu. Masak campuran adonan tersebut hingga teksturnya berubah seperti lem. Jika adonan terlihat masih keras, bisa tambahkan air sedikit demi sedikit.

Selanjutnya, setelah adonan seperti lem, angkat wajan dari kompor. Aduk-aduk adonan sebentar, kemudian siapkan kelapa parut yang sudah dikukus dan dua buah sumpit atau alat lainnya untuk membentuk ongol-ongol.

Ambil sedikit adonan ongol-ongol, bentuk sesuai dengan selera. Taruh ke atas parutan kelapa. Gulingkan adonan di parutan kelapa hingga seluruh sisinya terbaluri. Lakukan hingga semua adonan habis.

Jika semuanya terbaluri dengan parutan kelapa, siapkan wadah saji. Pindahkan seluruhnya ke atas wadah saji. Ongol-ongol telah siap untuk dihidangkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar