Awal Munculnya Warteg Di Kalangan Masyarakat

KBRN, Samarinda : Warteg merupakan tempat makan yang legendaris dan banyak digemari karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Warteg merupakan kepanjangan dari Warung Tegal.

Dikutip dari kompas.com, Warteg muncul di Jakarta di tahun 1950 pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Pada saat itu terjadi fenomena perpindahan ibu kota Indonesia dari Yogyakarta ke Jakarta. Saat perpindahan ibu kota ini, banyak masalah dan bentrok terjadi sehingga orang-orang dari Jawa Tengah banyak yang bermigrasi ke Jakarta.

Pembangunan juga dilakukan oleh Soekarno dari Jakarta sebagai kota kolonial ke kota nasional. Pada saat pembangunan inilah, para pekerja perlu makan karena banyak proyek besar dengan tempat-tempat yang berbeda.

Warung-warung ini mayoritas pedagangnya berasal dari Tegal. Warteg inilah yang membantu pekerja pada saat itu mendapatkan makanan dengan muda, cepat dan murah. Warteg menjual hidangan atau masakan Indonesia. Aneka lauk yang dijual sangat beraneka ragam dan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Hingga saat ini, eksistensi warteg masih bertahan sebagai tempat makan pilihan banyak orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar