Simak Cara Mengolah Agar Daging Merah Empuk Tidak Alot

KBRN, Samarinda : Salah satu tantangan mengolah daging merah seperti daging kambing atau daging sapi adalah membuat teksturnya jadi empuk. Selain dipotong kecil-kecil atau direbus dalam waktu yang lama yang bikin daging jadi kurang gurih.

Bagian yang sulit empuk di antaranya adalah bagian sengkel, leher, atau sandung lamur. Selain itu, sapi yang berumur lebih tua juga seringkali dianggap lebih keras sehingga sulit empuk. Setiap bagian daging jika direbus dalam waktu yang cukup pasti akan empuk. Selain itu membutuhkan waktu perebusan hingga berjam-jam untuk empuk.  Namun, perebusan yang lama akan berdampak pada penggunaan gas yang juga boros.

Melansir dari Kompas.com, menurut Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso, salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan tenderizer atau pengempuk daging. Ada beragam jenis bahan pengempuk yang bisa kamu gunakan ketika merebus daging.

Berikut beberapa bahan pengempuk yang bisa kamu gunakan untuk merendam daging agar teksturnya lebih empuk dan kenyal.

1.Daun papaya

Getah pada daun pepaya akan membantu membuat daging lebih mudah empuk ketika direbus. Cara penggunaannya adalah dengan meremas-remas daun pepaya sedikit hingga getahnya bisa keluar. Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu lepas bungkusan daun pepaya dan rebus daging hingga empuk dan matang.

Biasanya daging akan membutuhkan waktu lebih singkat untuk bisa empuk. Namun hati-hati, jangan terlalu banyak menggunakan daun pepaya dan jangan juga terlalu lama membungkus daging. Daging akan sangat mudah empuk, sehingga akan mudah hancur ketika direbus. Daun pepaya juga bisa memengaruhi rasa daging.

2.Nanas

Caranya adalah dengan menghaluskan nanas, lalu marinasi daging dalam nanas yang sudah dihaluskan tersebut. Asam yang terkandung pada nanas bisa membantu mengempukkan daging dengan lebih mudah. Namun jangan terlalu banyak menggunakan nanas, dan terlalu lama memarinasi daging. Rasa nanas bisa memengaruhi rasa daging jadi lebih asam.

3.Cuka dan Baking Soda

Kamu juga biasa menggunakan cuka dan baking soda untuk mengempukkan daging. Dikutip dari berita Kompas.com, mengoleskan soda kue pada permukaan daging dapat meningkatkan kadar pH. Secara tidak langsung, hal ini bisa membuat protein daging lebih sulit terikat, sehingga teksturnya menjadi lebih empuk dan juicy. Cara menggunakannya cukup mudah. Olesi permukaan daging dengan soda kue selama 10-20 menit. Simpan dalam kulkas lalu bilas sebelum digunakan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar