Ragam Soto Di Indonesia

Sumber Foto : Kompas.com

KBRN, Samarinda : Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu.

Indonesia memiliki beragam jenis soto. Bahkan, soto ayam pun sebenarnya tak hanya satu jenis. Ada beberapa daerah yang punya masakan khas soto ayam dan bila disajikan, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Dilansir dari lama good news from Indonesia, berikut jenis soto yang ada di Indonesia.

Soto Lamongan

Identik dengan kuah bening dan gurih. Kuah sotonya dibuat dari bumbu seperti bawang putih, ketumbar, merica, kemiri, dan kunyit. Soto disajikan dengan ayam suwir, irisan kol, tomat, daun bawang, bihun, dan telur rebus. Salah satu kekhasan dari soto Lamongan adalah penambahan bubuk koya yang terbuat dari kerupuk udang.

Soto Medan

Kuah soto ini berwarna kuning dan bersantan. Kuahnya terbuat dari campuran rempah seperti bunga lawang, lengkuas, serai, ketumbar, jintan, lada hitam, jahe, dan kunyit. Soto Medan pada penyajiannya dilengkapi dengan potongan daging ayam, kentang rebus, lontong, taoge, telur rebus, dan bawang goreng. Soto Medan juga bisa dinikmati dengan tambahan perkedel kentang, emping, jeruk limau, dan pastinya sambal.

Soto Kudus

Penampilannya mirip dengan soto Lamongan. Namun, soto khas Kudus ini biasa disajikan dalam mangkuk kecil. Semangkuk soto berisi suwiran ayam, kuah kaldu ayam yang bening dan gurih, serta taoge rebus. Sebagai pelengkap biasanya soto dinikmati bersama sate telur, tempe goreng, sate paru, sate usus, dan berbagai gorengan serta jeroan.

Soto Blora

Soto ini memiliki ciri khas berupa taburan ketela goreng berbentuk dadu. Ketela renyah ini menambahkan kenikmatan dalam semangkuk soto dengan kaldu ayam kampung nan gurih ini. Soto Blora juga biasa dinikmati bersama tempe goreng, bakwan jagung, atau perkedel.

Soto Banjar

Soto ini berisi daging ayam suwir, perkedel, kentang rebus, telur rebus, ketupat, dan potongan wortel. Kuah soto biasa dicampur dengan sedikit susu sehingga warnanya agak keruh. Soto Banjar juga memiliki rasa yang khas, terlebih karena bumbu dan rempah ditumis dengan minyak samin sebelum dimasak bersama kuah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar