Negara Dengan Konsumsi Nasi Terbesar Di Dunia Ternyata Bukan Indonesia

Sumber Foto : food detik.com

KBRN, Samarinda : Sebagian besar masyarakat Indonesia belum dikatakan makan ketika belum mengkonsumsi nasi. Tak heran jika mayoritas orang di Indonesia akan memilih nasi sebagai makanan pokok. Nasi merupakan sumber pangan yang berasal dari tanaman padi yang bernama ilmiah Oryza sativa dan sudah dibudayakan di seluruh dunia.

Bukan hanya di Indonesia, nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat utama dari berbagai masyarakat di sejumlah negara, terutama di Benua Asia. Tapi tahukah Anda, meskipun mayoritas masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi, akan tetapi negara kita bukan yang tertinggi dalam hal konsumsi nasi.

Dikutip dari laman IDNTimes, berikut negara yang menjadi pengonsumsi nasi terbesar di dunia :

1. Cina

Posisi pertama ditempati oleh Cina yang memiliki besaran konsumsi per tahunnya mencapai 142,7 juta metrik ton. Bahkan negara di Asia Timur ini menjadi konsumer dari 30 persen nasi yang ada di seluruh dunia. Banyaknya konsumsi nasi di negara ini disebabkan sekitar 65 persen penduduk Cina mengonsumsi nasi sebagai makanan keseharian mereka. Sehingga Cina menjadi salah satu pengimpor beras terbesar di dunia sekaligus berbagai produk pertanian lainnya.

2. India

Urutan kedua ditempati oleh India yang juga menjadi negara pengonsumsi nasi terbanyak di dunia. Negara ini memiliki konsumsi nasi sebanyak 97,35 juta metrik ton dan membuatnya menjadi negara pengonsumsi nasi terbanyak kedua di dunia. Tingginya konsumsi nasi di India disebabkan adanya jumlah penduduknya yang sangat besar dan mencapai 1,3 Miliar jiwa. Meskipun tidak semua masyarakat India mengonsumsi nasi dan justru mengonsumsi jenis biji-bijian lainnya. Akan tetapi konsumsi nasi di negara ini tetap tinggi karena setengah penduduknya mengonsumsi nasi.

3. Indonesia

Indonesia menjadi negara dengan konsumsi nasi terbesar ketiga di dunia. Negara kita memiliki konsumsi nasi sebanyak 37,4 juta dalam setahun. Bahkan 77 persen pertanian di Indonesia berupa tanaman padi, yang tersebar di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra saja. Bahkan 60 persen dari pertanian padi ada di Pulau Jawa yang menjadi pulau terpadat di Indonesia. Selain sebagai makanan utama, terdapat pula makanan ringan yang terbuat dari beras ataupun tepung beras.

4. Bangladesh

Bangladesh juga menjadi salah satu negara pengonsumsi nasi terbanyak di dunia yang masuk dalam peringkat keempat. Negara di Asia Selatan ini mengonsumsi sebanyak 35,2 juta ton nasi dalam setahun. Selain itu, sekitar 75 persen pertanian di negara ini digunakan untuk pertanian padi saja. Tingginya konsumsi beras di Bangladesh disebabkan nasi menjadi makanan utama di negara ini. Serta jumlah penduduknya yang mencapai lebih dari 160 juta jiwa tentunya membuat konsumsi nasi di negara ini begitu tinggi.

5. Vietnam

Vietnam merupakan negara di Asia Tenggara yang menjadi pengonsumsi nasi terbesar di kelima dunia. Jumlah konsumsi nasi di negara ini mencapai angka 22,1 juta metric ton dalam satu tahunnya. Besarnya konsumsi nasi di negara ini ditengarai kebiasaan masyarakatnya yang memakan nasi sebagai konsumsi utama. Selain itu, negara dengan penduduk lebih dari 95 juta jiwa ini memiliki konsumsi per kapita sebanyak 217 kg dalam setahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar