Makanan Penutup Khas Nusantara Yang Wajib Dicicipi

KBRN, Samarinda: Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas. Tidak hanya makanan asin dan pedas yang menawarkan cita rasa luar biasa memanjakan lidah, namun juga dilengkapi dengan berbagai varian makanan penutup atau dessert khas Indonesia yang menggugah selera.

Jika di luar negeri dessert identik dengan makanan penutup. Bedanya, dessert di Indonesia lebih dikenal dengan makanan manis dan minuman menyegarkan yang bisa dikonsumsi kapan saja, termasuk sebagai camilan.

Berikut beberapa makanan penutup (dessert) khas Indonesia yang wajib dicicipi seperti dikutip dari kompas.com :

KleponKlepon adalah makanan manis khas Jawa yang terbuat dari tepung beras, pandan, dan juga gula merah di bagian dalamnya. Bentuknya yang bulat kecil diselimuti parutan kelapa memberikan cita rasa gurih di lidah. Kejutannya ada saat kita menggigit klepon, letusan gula Jawa langsung lumer di dalam mulut. Dessert khas Nusantara satu ini merupakan kuliner warisan leluhur. 

Kue CucurMakanan berwarna cokelat dengan bentuk bulat pipih ini merupakan makanan khas Betawi. Perpaduan tepung beras, tepung terigu, dan gula merah merah menghasilkan tekstur padat dan empuk, pinggiran yang renyah, serta rasa yang manis. Agar semakin komplet, kue cucur paling nikmat disantap sambil menyeruput secangkir teh hangat.

Bika AmbonMeskipun ada kata “ambon”, namun bika ambon bukan berasal dari Ambon melainkan dari Medan, Sumatera Utara. Nama bika ambon muncul karena dessert ini pertama kali dijual di Jalan Ambon, Medan.Termasuk kategori kue basah, bika ambon memiliki tekstur kenyal, empuk, dan memiliki pori-pori di bagian dalamnya. Perpaduan antara gula, telur, tepung, dan santan menghasilkan aroma harum yang khas, serta rasa manis yang bikin ketagihan.

Bubur KampiunPilihan dessert khas Indonesia selanjutnya adalah bubur kampiun dari Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, kuliner Nusantara satu ini merupakan perpaduan berbagai jenis bubur yang disajikan di dalam mangkuk.Seporsi bubur kampiun terdiri dari ketan, bubur sumsum, pisang, hingga kacang hijau yang disiram dengan kuah santan. Untuk rasa tidak perlu diragukan, pasalnya bubur kampiun memiliki cita rasa manis nan gurih. Cocok sebagai menu sarapan maupun makanan penutup.

Amparan TatakTidak hanya Jawa dan Sumatera, Kalimantan juga punya dessert khas yang harus dicicipi yaitu amparan tatak. Dessert ini terbuat dari tepung beras, santan, dan pisang yang dikukus selama satu jam. Uniknya, amparan tatak memiliki tekstur lembut dan tidak mudah hancur. Kombinasi rasa gurih dari santan dengan rasa manis dari pisang menghasilkan rasa yang lezat.

Selendang MayangSelendang mayang merupakan minuman. Selendang mayang merupakan kuliner khas Betawi yang terdiri dari kue lapis: terbuat dari tepung kanji, gula, dan pewarna makanan.Kue tersebut dipotong tipis melebar dengan tekstur kenyal saat disantap. Uniknya, potongan kue tersebut akan dicampur dengan gula merah, es batu, lalu disiram kuah santan. Perpaduan tersebutlah yang akan menghasilkan rasa manis, gurih, dan menyegarkan.

Es CampurEs campur menjadi salah satu minuman menyegarkan yang tidak bisa ditolak saat cuaca panas. Sesuai dengan namanya, es campur diisi berbagai campuran bahan: blewah, alpukat, nangka, kolang-kaling, mutiara, agar-agar, tapai singkong, cincau hitam, dan tidak ketinggalan serutan es batu di bagian atas.Untuk memberikan rasa manis tidak jarang ditambahkan sirup sebagai toping. Menariknya, ternyata es campur sudah dikenal luas di seluruh Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Contohnya di Jakarta, es campur yang diisi daging kelapa dan tapai singkong. Sedangkan di Medan, es campur diisi kacang merah, pacar cina, dan biji delima.

Es GoyobodVarian dessert menyegarkan khas Indonesia selanjutnya adalah es goyobod. Keunikan dari minuman khas Jawa Barat ini adalah isiannya yang terbuat dari adonan tepung hunkwe, yang dipotong kecil-kecil layaknya jelly bertekstur kenyal.Secara keseluruhan es goyobod terdiri dari potongan roti tawar, pacar cina, tapai singkong, dan daging buah kelapa, yang disiram dengan kuah santan serta susu kental manis. Saat dicampur perpaduan tersebut menghasilkan rasa gurih, manis, dan menyegarkan ketika disantap.

Es Palu ButungBukan hanya di Pulau Jawa, Makassar juga memiliki dessert khas yang harus dicicipi, yaitu es palu butung. Meskipun terlihat mirip dengan es pisang hijau, namun ada perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya.Buah pisang di es palu butung tidak dibalut tepung, namun pisang hanya dikukus dan langsung disajikan menjadi beberapa potong. Es palu butung biasanya disajikan dengan bubur sumsum, sirup merah, dan es batu.

Ce Hun TiauTak kalah menarik varian dessert khas Indonesia yang wajib dicoba adalah Ce Hun Tiau dari Pontianak. Ce Hun Tiau berasal dari Bahasa Tio Ciu, yaitu Ce Hun yang artinya tepung kanji, dan Tiau adalah makanan berbentuk panjang.Saat disajikan, Ce Hun Tiau dicampur dengan kacang merah, ketan hitam, bongko, cincau hitam, dan lidah buaya. Semua campuran bahan tersebut disiram dengan kuah santan, gula aren, dan es batu untuk menghasilkan rasa gurih dan lezat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00