Fakta Unik Seputar Durian

KBRN,Samarinda : Sudah melewati musim durian? Atau mungkin saat ini sedang menikmati melimpahnya buah durian. Proses panen durian dimulai dengan masa kekeringan atau stress air. Kalau tumbuhan durian sudah mengalami stres air maka tumbuhan akan terpicu untuk berbunga.

Sementara pada masa berbunga sampai tumbuh buah juga mengalami masa-masa yang tidak mudah. Sebab, bunga harus mekar lalu harus diserbuki dengan serangga. Setiap daerah di Indonesia memiliki buah durian unggulan masing masing. Sebut saja Medan dengan durian Sidikalang, durian mimang dari Banjarnegara, Kalimantan yang juga juara durian montong, Banyuwangi dengan durian merah yang bisa dijumpai di desa Kemiren dan durian Lampung yang terkenal lembut, legit dan sedikit pahit.

Apapun pilihan Anda, yang pasti buah durian memang memikat hati para penikmatnya.

Berikut fakta unik durian :

1. Orang-orang di Asia Tenggara menyebutnya sebagai 'raja buah'

Selain berukuran besar dan cukup berat, buah durian juga memiliki aroma yang cukup kuat sehingga bagi orang yang tidak menyukainya akan merasa pusing dan juga mual. Orang-orang di Asia Tenggara menyebut durian sebagai 'raja buah'  karena keistimewaan yang dimiliki buah durian tersebut.

2.  Kandungan gizi, nutrisi, dan antioksidan lebih tinggi dari buah lainnya

Kandungan gizi, nutrisi, dan antioksidan yang dimiliki durian lebih tinggi dari buah lainnya. Buah durian kaya akan serat makanan, zat besi, potasium, dan vitamin C, sehingga mampu menutrisi kulit, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekuatan otot, melancarkan buang air besar, dan juga mampu meningkatkan pembentukan sel darah merah.

3.Dapat membuat tubuh tetap hangat dan mengurangi kelelahan

Kandungan sulfida pada buah durian dipercaya dapat memberikan efek panas dalam tubuh manusia setelah dikonsumsi sehingga bisa memberikan kehangatan pada tubuh, terutama saat suhu udara sedang dingin. Kandungan mineral yang tinggi pada durian yaitu kalium mampu mengurangi kelelahan.

Selain itu, kandungan karbohidrat yang tinggi pada durian (sekitar 100 gram durian mampu menawarkan 21% kebutuhan karbohidrat harian) mampu mengisi energi yang rendah dengan cepat. 

4. Baunya yang menyengat membuat durian banyak ditolak di berbagai transportasi umum

Meskipun memiliki rasa yang lezat dan bergizi tinggi, durian memiliki satu kelemahan yang membuatnya tidak disukai oleh banyak orang yaitu baunya yang menyengat. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa dengan aroma buah durian yang menyengat, akan merasa mual dan juga pusing.

Oleh karena itu durian banyak ditolak  berbagai macam transportasi umum seperti pesawat, kereta api, dan transportasi lainnya karena dikhawatirkan membuat para penumpang dibuat tidak nyaman dengan baunya.

5. Penghasil durian terbesar di dunia adalah Thailand

Thailand mengekspor durian ke berbagai negara di dunia seperti Brunei, Singapura, Hongkong, Jepang, Taiwan, Australia, Amerika, Kanada, dan negara-negara di benua Eropa.  Thailand merupakan negara penghasil durian terbesar di dunia dan mampu memproduksi durian komersial sekitar 900.000 hingga 950.000 ton.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00