Pisang Goreng Unik Kuliner Khas Kalimantan yang Layak Dicoba

KBRN, Samarinda: Benar saja, perpaduan pisang goreng yang manis dan legit dengan sambal yang pedas dan gurih menghasilkan cita rasa  yang nikmat di mulut. Makan pisang goreng dengan cocolan sambal.

Suka sekali dengan pisang, Pastinya yang suka pisang senang mengolah buah bertekstur lembut menjadi kuliner-kuliner yang menggugah selera.

Pisang Goreng khas Kalimantan ini bisa di coba resepnya. Pisang Goreng ini adalah  kuliner khas dari daerah Kalimantan Timur. Jajanan ini cukup terkenal di wilayah Samarinda, Balikpapan dan daerah Kaltim lainnya.

Seperti namanya pisang goreng bahan utamanya adalah pisang setengah matang yang biasa digunakan untuk membuat pisang gorengnya seperti pisang kepok, pisang sanggar, atau bisa juga pisang tanduk. Proses pemasakannya sama dengan namanya, yaitu dengan cara di goreng .

Awalnya pisang  dikupas lalu dipotong pipih sehingga menjadi lebar, untuk kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu yang telah dicampurkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan tertentu, lalu dimasak dengan menggunakan minyak panas.

Meski cara pembuatannya sama, ada satu hal yang spesial dari Pisang Goreng unik ini karena  pisang goreng  biasa di nikmati dimakan dengan Sambal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00