Keindahan Pulau Kakaban

KBRN, Samarinda : Pulau Kakaban yang merupakan pulau terluar di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang terbentuk oleh alam pada ribuan tahun yang lalu sungguh menarik untuk dikunjungi. Pulau yang luasannya didominasi danau hingga 80 persen ketimbang daratannya ini, dulunya berada dalam gugusan Pulau Derawan. Kini, wilayah seluas 774,2 hektar ini masuk Kecamatan Maratua, tepatnya di Kampung Payung-payung.

Kakaban istimewa akan danau yang airnya berasal dari rembesan air laut dan kucuran hujan. Danau ini juga merupakan habitatnya ubur-ubur mini yang tidak menyengat dalam jumlah ribuan.

Dion seorang Pemandu Wisata Maratua menyebutkan ada 2 spot untuk snorkeling bagi pengunjung yang ingin ke Kakaban. Yakni diluar melihat ikan dan karan laut, sedangkan didalam untuk menengok ubur-ubur yang memiliki 4 jenis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau Masrani mengatakan Pulau Kakaban masuk dalam danau terindah nomor satu di dunia.

Kecantikan Pulau tersebut dalam memiliki hewan laut ubur-ubur tidak menyengat menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Sehingga pulau tidak ketinggalan selalu di kunjungi selepas dari Pulau Maratua dan Derawan.

Tekait dengan pengelolaan dan kebersihan Pulau ini / Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni menjelaskan, bahwasanya Kakaban masuk dalam wilayah Konservasi. Menurut Sri Wahyuni Dispar Kaltim dan BKSDA Kaltim perlu duduk bersama dalam melakukan perencanaan dalam mengelola wadah wisata yang indah ini.

Diketahui, Rute menuju Pulau Kakaban untuk yang berasal dari luar Pulau Kalimantan ialah dengan menggunakan pesawat terbang dan mendarat di bandara yang berada di Balikpapan atau Samarinda.

Kemudian dilanjutkan dengan menuju Kabupaten Berau lewat udara kembali maupun lewat jalur darat. Jika hendak menggunakan jalur udara, perjalananmu akan dilanjutkan menuju bandara Kalimarau di Berau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam atau menuju Bandara Maratua dengan waktu yang sama / dan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat selama kurang lebih 3 jamn jika dari berau, namun jika dari Maratua hanya sekitar 25 menit.

Cara selanjutnya jika menggunakan jalur darat akan menempuh waktu perjalanan sekitar 12 hingga 15 jam, menuju Kabupaten Berau dengan menggunakan mobil travel dari masing-masing penyedia jasa travel di Kota dan Kabupaten yang berada di Provinsi Kaltim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar