Ratusan Penari Meriahkan Penutupan Festival Budaya Dayak Kenyah 2022

sumber foto : istimewa (tari perang dibawakan oleh pemuda dayak kenyah desa pampang, samarinda)

KBRN, Samarinda : Rangkaian syukuran pasca panen dan festival budaya dayak  kenyah 2022 resmi berakhir pada Minggu (26/06/2022). Ratusan penari yang merupakan warga desa pampang didominasi para pemuda/pemudi itu menutup kegiatan yang berlangsung sejak 23 juni lalu.

Victor salah seorang penari dalam kegiatan tersebut kepada RRI mengatakan dirinya senang karena dapat terlibat dalam event tersebut.

“saya sangat senang, karena tahun ini bisa tampil lagi di acara besar. Dua tahun nggak tampil gara-gara covid.” Sebut Victor

Ia mengaku bangga bisa turut ambil bagian dalam gelaran festival budaya tahun ini. Menurutnya, ini salah satu bentuk partisipasi pemuda Dayak dalam melestarikan budaya leluhur mereka. Antusias penonton menjadi semangat tersendiri saat tampil mempersembahkan tarian khas Dayak, salah satunya tari perang yang ia bawakan bersama rekan-rekannya.

Sementara itu, Jerry salah satu pengunjung yang berasal dari minahasa mengaku takjub dengan atraksi budaya yang ditampilkan. “ini suatu hal yang luar biasa, saya salut sama pemuda pemudi disini yang masih mau melestarikan budayanya,” jelasnya.

Kegiatan penutupan festival budaya Dayak kenyah ini, turut dihadiri sejumlah dewan adat dan tokoh-tokoh Dayak Kalimantan Timur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar