Kulit Putih dan Cantik Identik Dengan Gadis Suku Dayak

Sumber Foto : TRIBUNKALTIM

KBRN, Samarinda : Dayak merupakan salah satu suku tertua yang ada di Indonesia. Kata 'Dayak' sendiri memiliki beberapa makna seperti pedalaman atau sesuatu yang berhubungan dengan sungai. Hal ini dikarenakan nenek moyang yang berasal dari Mongolia menyeberangi sungai untuk bisa sampai ke Pulau Borneo.

Gadis dayak terkenal cantik dan berkulit putih. Selain itu memiliki rambut yang hitam pekat. Hal inilah yang membuat gadis Dayak dianggap sebagai orang dengan keturunan Tionghoa karena ciri fisiknya yang mirip.

Dilansir dari liputan6.com, Fransiskus Suma, seorang budayawan Dayak menyebut gadis-gadis Dayak yang memiliki kulit putih dan rambut hitam ini memang berasal dari percampuran keturunan suku Dayak asli dengan orang Tionghoa yang mulai datang ke Indonesia sejak 1368 hingga 1643.

Untuk menjaga kulit tetap putih, biasanya gadis Dayak hanya menggunakan bedak dingin di wajah dan kulit badan sebelum bepergian ke luar. Bedak dingin khas Dayak sendiri mudah dibuat. Dengan bahan dasar beras, bedak ini juga mengandung bengkoang dan pandan wangi. Ketika sudah dilumat menjadi satu, bedak ini mampu menangkal sinar matahari dan menjaga kulit tetap sejuk meski cuaca terik. 

Gadis Dayak pun selalu menggunakan topi Ketika ke ladang, yang disebut Seraung. Terkait rambut hitam yang pekat, gadis Dayak biasanya menggunakan jeruk limau dan buah langer (buah khas Kalimantan) untuk mencuci rambut agar tetap harum, indah, dan panjang. Khasiat buah langer ini juga dapat membuat uban pada rambut lebih lambat tumbuhnya.

Dengan genetik yang bagus dan juga cara merawat diri yang alami, tentunya tak perlu heran jika ganita Dayak dikenal cantik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar