Ritual Bekenjong, Muara Ancalong

Ditengah hiruk pikuk rencana pemindahan ibukota negara di wilayah Kalimantan timur, terselip tradisi dan budaya yang masih dipertahankan. Desa kelinjau Kecamatan muara ancalong, sebuah kampung yang masih menjunjung tinggi nilai adat istiadat dan tradisi leluhur.

Seperti halnya ritual pengobatan khas desa ini yang dikenal dengan nama bekenjong. Bekenjong merupakan ritual yang masih dilakukan secara turun temurun sebagai pengobatan ketika ada anggota keluarga yang sakit.

Pengobatan ini dilakukan dengan cara sang pawang akan memanggil roh-roh halus atau leluhur terdahulu untuk memohon kesembuhan dengan memberikan sesajen berupa kue sejumlah 40 macam dan mendirikan balai sebagai tempat persembahan.

Ritual pengobatan ini dilakukan oleh garis turunan yang didahului oleh orang tua mereka terdahulu. Karena tidak semua orang dapat melakukan ritual tanpa adanya garis turunan. Dengan adanya tradisi yang masih terjaga ini, membuka potensi bagi desa untuk dikenal lebih luas terutama tradisi dan budaya leluhur yang masih terjaga hingga saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00