Polisi Tangkap Pencuri Perhiasan Dewi Persik di Balikpapan

KBRN, BALIKPAPAN – Perhiasan artis Dewi Persik yang hilang dicuri usai konser di Balikpapan akhirnya terungkap. Pelaku yang membobol koper pedangdut fenomenal ini adalah salah seorang pegawai porter Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan berinisial RS (25).

Diketahui sebelumnya Dewi Persik menghadiri undangan manggung di salah satu acara partai Politik di Balikpapan pada Sabtu (18/6/2022).

Usai konser, Dewi Persik dan timnya pulang ke Jakarta menggunakan maskapai Lion Air menuju Bandara Soekarno Hatta. Sesampainya di Jakarta, Dewi Persik dan asistennya bernama Riski Sobari belum menyadari kopernya telah dibobol. Baru ketika sampai di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Riski Sobari terkejut perhiasan Dewi Persik yakni dua kalung berantai emas dan emas Batangan dengan ukiran nama “Dewi Perssik” yang disimpan di dalam kotak raib dicuri.

 “Yang melapor itu asisten Dewi Persik di Bandara Soekarno Hatta pada tanggal 2 Juli lalu. Kemudian Satreskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta melakukan pengembangan di Balikpapan dan kami dibackup Jatanras Polda Kaltim,” tutur Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, Kompol Rengga Puspo Saputro saat press rilis dihadapan awak media pada Rabu (6/7/2022).

 Berdasarkan sejumlah bukti dan keterangan saksi yang dihimpun, pelaku berinisial RS pun berhasil diamankan pada Minggu (3/7/2022). RS ini adalah porter di Bandara yang bertugas mengantarkan koper penumpang pesawat.

 Dari keterangan pelaku, modus pencurian yang dilakukannya dengan cara membobol koper korban.

Koper korban yang memiliki kode tersebut berhasil dibuka pelaku dengan memasukkan angka secara acak. Kemudian pelaku menggeledah isi koper dan mendapati perhiasan Dewi Persik di dalam kotak kecil berwarna pink.

 “Modusnya pada saat korban menaiki salah satu maskapai ini, kemudian memasukkan koper ini di bagasi, porter ini membuka kunci dari koper itu secara acak dan menggeledah barang yang ada di dalam lalu diamankan barang perhiasan emas ini,” ungkap Rengga.

Polisi pun berhasil mengamankan barang bukti berupa dua kalung berantai emas, satu emas batangan bertuliskan Dewi Perssik, satu koper warna hijau tosca, dan kotak perhiasan.

 “Korban mengalami kerugian sekitar Rp100 juta. Dari keterangan pelaku, dia beraksi sendiri, tapi masih kami lakukan pengembangan lebih lanjut,” tuturnya.

 Rengga mengatakan pelaku diduga melakukan kegiatan ini lebih dari satu kali. Sebab ia juga telah menerima laporan kehilangan serupa di Bandara Soekarno Hatta yang diduga dilakukan oleh oknum di Bandara.

 “Ada beberapa laporan di Bandara Soekarno Hatta, cuma yang berhasil kita ungkap baru satu kasus,” tuturnya.

Akibat perbuatannya, pelaku kini dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana diatas 5 tahun penjara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar