19 Pencuri Spesialis Gudang Ditangkap Polres Balikpapan, Curi Kayu Ulin Hingga Genset Senilai Rp 1 M

Rilis Penangkapan Komplotan Pencuri (Dok Polresta Balikpapan)

KBRN : Balikpapan  : 19 Anggota komplotan spesialis pembobol gudang di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) ditangkap polisi. Para pelaku menggasak isi gudang berupa kayu ulin, genset hingga mesin las senilai Rp 1 miliar.

"Ada 9 penadah dan 10 pelaku dari hasil pencurian di gudang di kota Balikpapan," kata Kapolres Balikpapan Kombes Thirdy Hadmiarso pada Rilis Melalui Whatapss ,Kamis, (26/5/2022).

Pencurian tersebut terjadi di sebuah gudang kosong milik IY di Jalan MT Haryono, Balikpapan. Komplotan ini sudah 15 kali beraksi sepanjang Maret hingga Mei 2022.

"Kejadian ini dilakukan berulang-ulang dan bergantian," ungkap Kombes Thirdy.

Kasus ini terbongkar setelah pemilik IY menangkap basah sejumlah pelaku tengah menyatroni gudang miliknya menggunakan truk. Dijelaskan Thirdy, AN otak pelaku bersama rekannya melakukan pencurian dengan cara mencongkel gudang milik IY yang tidak dijaga.

"Gudang tersebut tidak ada penjaga. Pelaku mencongkel gudang itu sendiri. Di tempat yang sama (pencurian) dan menjarah barang-barang milik korban menggunakan truk sewaan," bebernya.

Dari hasil pencurian para pelaku berhasil meraup Rp 1 miliar. Hal ini karena barang-barang dalam gudang memiliki nilai jual tinggi.

"Para pelaku mengambil bahan-bahan, kerangka bangunan, balok kayu ulin, genset, mesin las, dan lain-lain. Itu dilakukan berulang-ulang sehingga kerugian total sekita 1 M," ujarnya.

Kini 19 pelaku telah digelandang ke Mapolres Balikpapan. Selanjutnya polisi juga masih melakukan pengejaran terhadap sejumlah rekan pelaku lainnya.

"Empat orang masih kita lakukan pencarian masuk daftar DPO, sementara ini para pelaku telah kita amankan di Polres Balikpapan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar