Masyarakat Mendapat Penyuluhan Hukum dalam Kegiatan TMMD Ke-113 di Kutai Barat

KBRN, Sendawar: Kodim 0912 bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) memberikan penyuluhan hukum kepada warga masyarakat Kampung Kelian, Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Wiltas ke-113 di wilayah tersebut, Selasa (24/5/2022).

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pemerintah Kampung Kelian, diikuti puluhan peserta mulai dari prangkat Kampung hingga warga seetempat.

“Ini adalah salah satu kegiatan non fisik yang dilaksanakan Kodim 0912 Kutai melalui anggota satgas di lapangan dalam kegiatan TMMD tahun ini,”kata Serka Hadyanto kepada RRI Sendawar saat mendampingi Tim Kejari Kubar dalam kegiatan penyuluhan tersebut

Sementara itu, Narasumber yang juga Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Heru Sudjatmiko mengatakan, penyuluhan ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman tentang hukum kepada masyarakat agar mudah memahami dan melaksanakan aturan tentang hukum yang berlaku.

“Kejaksaan mempunyai tugas dan kewenangan yang luas, tidak terbatas pada penuntutan, melainkan juga konsultasi hukum terkait berbagai permasalahan hukum yang di hadapadi masyarakat. Itu juga kami sampaikan dalam kegiatan ini agar masyarakat memahami tugas dan fungsi kami, silahkan masyarakat melapor atau berkonsultasi jika menghadapi permasalahan hukum, kami terbuka untuk itu,”ungkapnya

Penyuluhan hukum tersebut tambahnya merupakan edukasi sebagai langkah preventif guna menghindari perbuatan yang melanggar hukum, serta untuk menciptakan ketertiban, keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat, khususnya warga di Kampung/Desa Kelian ini.

“Kami berharap melalui materi yang disampaikan dalam penyuluhan ini masyarakat dapat mengenal hukum dan menhindari pelanggaran yang berkaitan dengan hukum itu sendiri, di pahami dan di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari,”pungkas Heru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar