Kutim Kini Miliki Rumah Restorative Justice

KBRN, Samarinda : Guna mempermudah masyarakat mendapatkan keadilan serta melek pendidikan hukum, Kejaksaan Negeri Kabupaten Kutai Timur (Kejari Kutim) tetapkan Kantor Desa Swarga Bara Sangatta Utara sebagai Rumah Restorative Justice (RJ).

Dengan berdirinya rumah Restorative Justice akan dapat memberikan kepastian arah penegakan hukum dan penyelesaian perkara di luar dari lembaga Pengadilan Negeri terutama pidana ringan.

Wabup Kutai Timur, Kasmidi Bulang dalam sambutannya saat meresmikan Rumah Restorative Justice (RRJ) di Kantor Desa Swarga Bara Sangatta Utara, rabu (18/5/2022) meminta agar RRJ ini menjadi wadah penting bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan hukum. Utamanya dengan adanya penyelesaian penanganan perkara yang dilakukan di luar persidangan.

“Mari jadikan rumah ini sebagai tempat masyarakat kita untuk lebih mengetahui hukum begitu juga dengan konflik, alhamdulillah tidak semua konflik harus lewat pengadilan bisa dinegosiasikan, jadikan rumah ini sebagai tempat mendapatkan keadilan” tutur Kasmidi

Dikatakan kasmidi, Rumah RJ ini diharapkan dapat mengembalikan keadaan konflik menjadi rukun dan kembali utuh, sehingga tidak ada dendam dari beberapa pihak yang berperkara.

Peresmian Rumah RJ dilakukan secara serentak bersama 6 Kabupaten/Kota di Kaltim, termasuk Kutim yang pelaksanaannya dipimpin Kepala Kajati Kaltim Deden Riki Hayatul Firman secara virtual dari Samarinda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar