Kejari Kubar Sita Mobil dan Motor dari Dua Tersangka Tipikor BPBD

KBRN, Sendawar : Kejaksaan Negeri Kutai Barat Kalimantan Timur menyita dua unit kendaraan dari tersangka dugaan korupsi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Barat.

Masing-masing satu unit kendaraan bermotor roda empat Type Toyota Rush 1,5 MT F800RE-GMGFJ Tahun 2019 warna silver metalik dengan Nopol KT 1154 PG dan satu unit kendaraan bermotor roda dua Tipe CBR P5E02R22M1 Tahun 2019 warna hitam dengan Nopol KT 6202 PD.

Selain itu tim penyidik kejaksaan juga menyita perabot rumah tangga berupa meja, kursi hingga jam dinding dari rumah Jenton dan Adriani tersangka dugaan korupsi yang kini sudah ditahan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kejari Kubar Bayu Pramesti didampingi Kasi Intel Kejari Kubar Ricki Rionart Panggabean dan Kasi Pidsus Iswan Noor, saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Kejari Kubar, Kamis (20/1/2022).

“Jadi uang hasil korupsi di BPBD tersebut dibelanjakan tersangka kendaraan dan juga perabot rumah tangga dan kita melakukan penyitaan,” ungkap Bayu Pramesti.

Kajari menambahkan nilai total dari barang sitaan tersebut akan ditentukan oleh juru lelang dan hasil penjualan barang aset sitaan akan dikembalikan ke kas negara.

“Tim Penyidik Kejari Kubar berupaya semaksimal mungkin dalam upaya pengembalian kerugian keuangan negara dalam kasus BPBD sekitar Rp 1,3 Miliar,” katanya.

Selain barang, penyidikan kejaksaan juga memulihkan kerugian negara sekitar Rp 302.500.000 yang disita dari para petinggi dan pegawai BPBD sejumlah 114 saksi.

Pengembalian kerugian negara itu berdasarkan perhitungan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar