10 Warga Samarinda Terima Sertifikat Secara Simbolis

KBRN, Samarinda : Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalimantan Timur memberikan sosialisasi program strategis Kementerian ATR/BPN tentang pendaftaran tanah sistematis lengkap bagi sejumlah warga di wilayah Kota Samarinda yang berlangsung di Hotel Aston Samarinda, Sabtu (16/10/2021).

Usai melakukan sosialisasi, Kepala Kanwil BPN Kaltim Asnaedi menyebutkan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman lebih, terutama dalam program Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang saat ini mungkin masih tabu dikalangan masyarakat.

Sehingga dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada masyarakat. Bahkan dalam kegiatan ini juga diselingi dengan penyerahan sertifikat lahan kepada warga sebanyak 10 orang secara simbolis.

“Nah bagaimana kita lihat masyarakat belum tahu persis apa itu program PTSL, masyarakat belum tahu persis apa itu transformasi digital, masyarakat ini perlu jembatan dan jembatannya itu sosialisasi ini dan pemberitaan oleh teman-teman media, di Samarinda itu sudah jadi sertifikat sekitar 3.700 pada tahun ini dan target 3.800, insyallah selesai Oktober ini,”kata Asnaedi.

Sementara itu, Anggota Komisi 2 DPR RI Aus Hidayat mengatakan pihaknya terus memberikan perhatian lebih kepada Kaltim untuk perseolan pertanahan ini, mengingat Kaltim merupakan daerah yang dipilih untuk menjadi kawasan Ibukota negara yang baru.

“Kami Komisi 2 terus memberikan perhatian lebih kepada Kalimantan Timur, karena persoalan-persoalan Kaltim ini terkait dengan masalah IKN baru dan tentunya persoalan-persoalan yang terkait dengan pengadaan tanah dan sebagainya jangan sampai merugikan masyarakat dan kita percaya dengan BPN kanwil Kalimantan Timur,”ungkap Hidayat.

Diketahui berdasarkan catatan Kanwil BPN Kaltim untuk luas kawasan hutan di Kaltim dan Kaltara sekitar 13.918.377,621 ha. Sedangkan untuk Luas Area Penggunaan Lain sekitar 5.789.118,019 ha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00