Sukses Terbang, Drone Berawak Pertama di Eropa

KBRN, Samarinda : Drone (Octocopter) berawak besutan perusahaan Polandia-Swedia, Jetson, sukses terbang ke langit. Hal ini merupakan yang pertama terjadi di Eropa.

Melansir dari Okezone, Octocopter berpenumpang satu orang dan dinamai Jetson ONE tersebut akan diproduksi massal dan tersedia secara komersial.

Salah satu pendiri dan Chief Technology Officer Jetson, Pole Tomasz Patan, mengatakan, drone berawak ini akan menjadi kendaraan udara listrik pribadi yang tersedia secara komersial yang dapat Anda miliki dan terbangkan.

Bentuknya sendiri, menyerupai bangku terbang yang terbuat dari aluminium dan serat karbon. Drone ini, dilengkapi mesin futuristik yang bertenaga 8 motor listrik.

Kecepatan maksimal yang dapat dicapai drone berawak ini hingga 102 km/jam, dan waktu terbang maksimumnya adalah 20 menit.

Drone dengan biaya USD92 ribu ini, membutuhkan waktu 1 jam untuk diisi dayanya, dan cuma bisa ditumpangi oleh orang dengan berat maksimal 95kg.

Kendati saat ini hanya dirancang untuk tujuan rekreasi, tetapi perusahaan tidak mengesampingkan penggunaannya dalam layanan tentara, layanan darurat, penjaga perbatasan atau transportasi cepat untuk barang-barang berharga.

Jetson ONE mengklaim, telah memiliki 12 klien yang antre untuk menerima kendaraan tersebut pada 2022, setengah dari mereka dari AS, dan lainnya dari Jerman, Swedia, Italia, serta Spanyol. Di 2023, ada lebih banyak lagi yang menginginkannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar