Anggrek Hitam, Anggrek Eksotis dan Langka Asal Kalimantan

KBRN, Samarinda : Ada banyak jenis anggrek di dunia, dari anggrek ungu, anggrek bulan, anggrek tanah, hingga anggrek hitam. Dari semua jenis anggrek ini, ada satu jenis yang khas dari Indonesia namun sangat sulit ditemukan, yakni anggrek hitam, tanaman tropis yang eksotis dan langka.

Anggrek hitam termasuk dalam spesies anggrek yang banyak tumbuh di semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga daratan Papua. Saking terkenalnya, anggrek yang mempunyai nama latin Coelogyne pandurata ini menjadi maskot kota Kalimantan Timur.

Dilansir dari  goodnewsfromindonesia, habitat anggrek hitam ini mulai menyusut dikarenakan penurunan jumlah hutan yang kian menurun. Hal Itu diperparah dengan ulah kolektor dan pedagang nakal yang memperjualbelikan tanaman ini secara massal.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) atau Black Orchid.  Bunga ini disebut sebagai Anggrek hitam karena memiliki warna lidah (labellum) yang hitam dengan garis-garis berwarna hijau. Seperti umumnya anggrek, bunga ini juga memiliki sekitar 1 hingga 14 kuntum. Garis tengah tiap bunga sekitar 10 cm.

Daun Kelopak berbentuk lanset, melancip, berwama hijau muda dengan panjang 5 – 6 cm dan lebar 2 -3 cm. Daun mahkota berbentuk lanset melancip berwarna hijau muda menyerupai biola, tengah-tengahnya terdapat 1 alur, pinggirnya mengeriting, berwama hitam kelam atau coklat tua.

Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam adalah pembawa sifat hitam yang dianggap langka, warna hitam ini dapat menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli tanaman untuk menghasilkan jenis persilangan corak warna bunga baru.

Seperti anggrek lainnya Anggrek Hitam tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (epifit). Jenis anggrek yang langka ini sering di temui di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah.

Musim berbunga Anggrek Hitam biasanya terjadi pada akhir tahun antara bulan Oktober sampai Desember. Ketika musim bunga, terdapat ratusan kuntum bunga yang bisa kita temui di sana.

Di Indonesia, Anggrek hitam banyak dijumpai di kawasan Cagar Alam Padang Luway atau Kersik Luway Kutai Barat Kalimantan Timur yang merupakan habitat asli jenis flora tersebut.

Meski wangi anggrek ini tidak jauh berbeda dari Anggrek lainnya, Anggrek eksotis tetap memiliki nilai prestis dikalangan para pecinta bunga anggrek di Indonesia. Selain itu menurut kepercayaan masyarakat setempat, anggrek hitam memiliki kekuatan mistis. Masyarakat Dayak sangat menghormati anggrek hitam, mencuri atau merusaknya berarti merupakan pelanggaran terhadap hukum adat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar