4 Desember, Gerhana Matahari Terakhir di Tahun 2021

KBRN, Samarinda : Jelang akhir tahun 2021, masih akan hadir satu fenomena alam, tepatnya 4 Desember akan terjadi Gerhana Matahari.

Fenomena alam ini akan bisa dinikmati oleh orang-orang di belahan Bumi Selatan.

Dilansir cnbc, pada 4 Desember 2021 akan terjadi Gerhana Matahari Total, ketika Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi, menimbulkan bayangan di Bumi, sepenuhnya atau sebagian menghalangi cahaya Matahari di beberapa daerah. Namun ini hanya bisa dinikmati di daerah Antartika.

Gerhana Matahari Total di Antariksa terjadi 18 tahun sekali. Gerhana Matahari total terakhir di Antartika pada 1967 dan gerhana Matahari selanjutnya akan terjadi pada 2490.

Beberapa wilayah yang bisa menyaksikan gerhana matahari parsial antara lain, Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Saint Helena, Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Chili, Selandia Baru, juga tetangga kita Australia.

Dikutip dari India Today, gerhana matahari dimulai pada pukul 10:59. Namun Anda jangan khawatir, jika ingin tetap menyaksikan gerhana matahari besok, maka Anda bisa menyaksikan via akun YouTube NASA Live meski di Indonesia tak bisa menyaksikan gerhana matahari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar